Infrastruktur Ibu Kota Baru, Telkomsel Manfaatkan Jaringan Tulang Punggung dari Makassar

Dalam membangun jaringan untuk ibu kota baru, Telkomsel memanfaatkan jaringan tulang punggung induk perusahaan yaitu PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 24 September 2019  |  19:21 WIB
Infrastruktur Ibu Kota Baru, Telkomsel Manfaatkan Jaringan Tulang Punggung dari Makassar
Presiden Jokowi disambut Wagub Kaltim Hadi Mulyadi saat tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (7/5/2019). - Setkab/Anggun

Bisnis.com, BALIKPAPAN- Dalam membangun jaringan untuk ibu kota baru, Telkomsel memanfaatkan jaringan tulang punggung induk perusahaan yaitu PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.

GM Network Operation Quality Management PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) Regional Kalimantan Rahmad Putra Jaya, mengatakan jaringan tulang punggung Telkom ditarik dari Makassar ke Balikpapan dengan menggunakan kabel laut. Rahmad mengatakan saat ini jaringan Telkomsel di Kalimantan telah terhubung dengan serta optik.

"Balikpapan sudah 100% fiber. kalau dari di Tarakan hampir 100%. Jadi di kota-kota utamanya sudah 100%. Tapi kalau sudah nyampe nyebrang ke kota kecil belum," kata Rahmad di Balikpapan, Selasa (24/9/2019).

Rahmad menambahkan dalam membangun ibu kota konsep yang digunakan adalah kota pintar. Bahkan, lanjutnya, dalam menjadikan ibu kota baru sebagai kota pintar rencananya teknologi 5G akan diterapkan.

"Harusnya lebih modern dari Jakarta," kata Rahmad.

Rahmad berpendapat seharusnya pembangunan jaringan di Ibu Kota baru lebih mudah karena pembangunan dilakukan dari awal saat lahan masih kosong, sehingga memuluskan Telkomsel dalam menghadirkan kota pintar.

"Karena kalau di desain dari awal seperti membangun rumah aja. kalau membangun rumah dari awal kan lebih gampang lebih mudah desainnya, dibanding bangun rumah yang sudah jadi," kata Rahmad

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
balikpapan, Ibu Kota Dipindah

Editor : Rahayuningsih

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top