Sabah Incar Potensi Pelancong Asal Kaltim

Ketua Menteri Sabah, Malaysia mendiskusikan sejumlah potensi kerja sama di Kaltim mulai dari sektor pariwisata, pendidikan hingga sumber daya alam.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 01 Oktober 2019  |  10:19 WIB
Sabah Incar Potensi Pelancong Asal Kaltim
Tiga perempuan berpakian tradisional dayak di Kaltim. - Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Ketua Menteri Sabah, Malaysia mendiskusikan sejumlah potensi kerja sama di Kaltim mulai dari sektor pariwisata, pendidikan hingga sumber daya alam.

Ketua Menteri Datuk Seri Panglima Mohd. Shafie bin haji Apdal mengatakan dari sejumlah sektor tesebut yang menjadi prioritas penjajakan kerja sama adalah bidang pariwisata.

Dia menuturkan letak Kalimantan Timur dan Sabah juga tidak jauh, sehingga banyak hal yang bisa direalisaikan dengan potensi yang ada.

"Contohnya segi palancongannya. Karena saya yakin produk pelancongan yang ada ditempat ini jauh berlainan tidak diperoleh daerah lain. Diving, mereka ingin melihat sejarah, makanan. Kita boleh paparkan,”ungkapnya usai Kunjungan Senin (30/9/2019) di Balikpapan.

Menurutnya, kerja sama bidang pariwisata akan mendatangkan pengunjung mancanegara mengingat kekayaan destinasi dan budaya yang dimiliki kedua negara.

Ketua Menteri Sabah juga meminta Gubernur bisa mengaktifkan konektivitas atau jalur penerbangan Sabah - Kaltim.

"Kalau harus lewat Jakarta terlalu jauh. Kan kita satu kepulauan dan kalau pun boleh Balikpapan - Kinabalu atau Balikpapan - Sabah," pintanya.

Sementara itu, Gubernur Kaltim Isran Noor berpendapat bahwa kerja sama sektor pariwisata dapat dibuatkan konsep paket wisaat dengan destinasi yang berbeda.

“Di Kalimantan ada sejarah seperti kerajaan tertua yaitu kerajaan Kutai yang bisa dikenalkan. Jadi bagaimana pariwisata ini dikemas melalui paket dengan obyek yang berbeda agar menjadi daya tarik pelancong dunia karena banyak pelancong yang melihat destinasi,”ungkapnya

Ia menambahkan realisasi kerja sama bisa secepatnya, hanya saja harus ada prioritas. Prioritas nya pariwisata dengan menawarkan paket wisata.

Terkait dengan keinginan ketua menteri negeri jiran atas rute penerbangan, Gubernur akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan kementerian perhubungan untuk bisa membuka rute Kaltim - Sabah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kaltim

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top