PMI Banjarmasin Bantu Salurkan Air Bersih

Musim kemarau panjang membuat warga Kota Banjarmasin kesulitan dalam mendapatkan air bersih.
Arief Rahman
Arief Rahman - Bisnis.com 02 Oktober 2019  |  18:50 WIB
PMI Banjarmasin Bantu Salurkan Air Bersih
PMI Banjarmasin membagikan bantuan air bersih gratis kepada warga di Kota Banjarmasin - Arief Rahman

Bisnis.com, BANJARMASIN- Musim kemarau panjang membuat warga Kota Banjarmasin kesulitan dalam mendapatkan air bersih.

Untuk bisa mengurangi kesulitan tersebut, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin bekerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih membagikan air bersih kepada masyarakat.

"Untuk hari ini ada dua titik di daerah Kota Banjarmasin yang kita bagikan air bersih. Pertama yaitu Kelurahan Alalak Tengah dan Kelurahan Kuin Selatan," ungkap Wakil Ketua Bidang Penggalangan Dana PMI Kota Banjarmasin H Aftahuddin, Rabu (2/10/2019) disela pembagian air bersih di RT 13 Kelurahan Alalak Selatan.

Dalam setiap titiknya ada sekitar 5.000 liter air bersih yang dibagikan kepada masyarakat secara gratis. Dua daerah tersebut dipilih karena memang menurut informasi, sudah sepekan tidak teraliri air bersih oleh pipa PDAM Bandarmasih.

"Rencananya kita akan usulkan lagi peminjaman satu unit truk untuk pengangkutan air bersih. Itu supaya makin banyak masyarakat yang dapat kita bantu" tambahnya.

Sementara itu, Mislah, Warga RT 12 Kelurahan Alalak Tengah mengaku sudah 10 hari terakhir air bersih dari pipa PDAM Bandarmasih tidak mengalir kerumahnya.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan keluarganya, dirinya harus berhemat dan membeli air bersih ke RT sebelah dengan harga yang tinggi.

"Kalau di musim kemarau seperti ini kita sudah tidak bisa lagi memanfaatkan air sungai untuk mandi. Hal ini karena kadar asinnya yang tinggi, sehingga kalau dipaksakan mandi disungai akan membuat tubuh menjadi gatal-gatal," tukasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
banjarmasin, air bersih

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top