Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PLN Andalkan Tabung Listrik di luar Pembangkit Desa

PT Perusahaan Listrik Negara menyiapkan program penggunaan aliran listrik melalui tabung listrik (TALIS) selain menggunakan potensi sumber pembangkit listrik yang ada di desa.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 08 Oktober 2019  |  18:18 WIB
Pekerja memperbaiki jaringan Listrik Aliran Atas - ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Pekerja memperbaiki jaringan Listrik Aliran Atas - ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, BALIKPAPAN—PT Perusahaan Listrik Negara menyiapkan program penggunaan aliran listrik melalui tabung listrik (TALIS) selain menggunakan potensi sumber pembangkit listrik yang ada di desa.

Program tabung listrik ini merupakan hasil kerja sama PLN dengan Universitas Indonesia (UI).

Executive Vice President Pengembangan Regional Maluku-Papua PT PLN, Eman Prijono Wasito Adi menjelaskan fungsi dari TALIS itu adalah menyimpan daya listrik yang nantinya bisa digunakan masyarakat untuk menerangi rumah atau desanya.

Dia menjelaskan sebuah tabung listrik yang berbobot sekitar 5 kilogram, bisa menampung daya listrik sebesar 300 watt hour (Wh) hingga 1.000 Wh. Penggunaannya pun cukup mudah, pemilik hanya tinggal memilih sistem AC atau DC dan tinggal menghubungkannya dengan kabel lampu.

“Sedangkan jika daya listriknya sudah habis, pemilik bisa men-chargenya di PLTS, mikrohidro, pikkohidro, PLTA ataupun pembangkit listrik biomassa. TALIS lebih hemat dan mudah digunakan,” katanya Selasa (8/10/2019).

Menurutnya, dengan menggunakan TALIS, masyarakat bisa berhemat dalam pemasangan jaringan listrik karena biaya pembelian dan pemasangan listrik dengan menggunakan TALIS hanya sekitar Rp3,5 juta sedangkan jika menggunakan jalur konvensional, tarifnya biasa lebih dari Rp4 juta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN listrik
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top