Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kaltim Gali Informasi IKN dari Benua Hijau

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berupaya menggali informasi tambahan informasi terkait rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) dari Autralia yang sukses memindahkan ibu kota negara mereka dari Melbourne ke Canberra pada 1913.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 21 Oktober 2019  |  22:49 WIB
Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi - Istimewa
Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi - Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN— Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berupaya menggali informasi tambahan informasi terkait rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) dari Autralia yang sukses memindahkan Ibu Kota negara mereka dari Melbourne ke Canberra pada 1913.

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi mengatakan, hal itu mmebuat masyarakat Canberra dapat bekerja dengan nyaman, jauh dari suasana kumuh dan bising kemacetan.

"Kami ingin mendengarkan detail sejarah, hal-hal positif dan negatif dari Canberra agar kami dapat mengambil pelajaran untuk pembangunan Kalimantan Timur di masa-masa selanjutnya," kata Wagub  Hadi https://www.bisnis.com/topic/4864/australiamelalui keterangan resmi dikutip Senin (21/10/2019).

Menurutnya, pemindahan ibu kota negara pasti akan berdampak terhadap pertambahan penduduk. Baik dari pemindahan sekitar 1,5 juta aparatur sipil negara maupun akselerasi penduduk secara suka rela untuk mencari peruntungan hidup di kota-kota di Kaltim yang berada tidak jauh dari ibu kota negara baru.

Kondisi ini juga menciptakan kekhawatiran bahwa warga lokal menjadi terpinggirkan.

"Yang pasti kami harus cermat menghitung agar rakyat Kaltim tidak hanya jadi penonton saat ibu kota negara benar-benar jadi dipindahkan. Tentu kami tidak mau mengalami hal yang sama seperti masyarakat Betawi yang terpinggirkan dari Jakarta," ungkap Hadi.

Sebagai informasi, Canberra adalah sebuah kota yang terletak di antara Melbourne (ibu kota negara pertama Australia) dan Sydney, kota terbesar di Australia. Sejak tahun 1913, Canberra disulap menjadi penyeimbang dua kota, Melbourne dan Sydney yang sama-sama berhasrat tinggi menjadi ibu kota negara.

Canberra sesungguhnya bukan pilihan pertama, sebelum parlemen Australia memutuskan untuk membuat sayembara ke seluruh penjuru dunia. Ratusan arsitek dari Eropa, Amerika dan Australia sendiri bersaing menampilkan rancangan terbaik mereka. Hingga ahirnya, Walter Burley Griffin, arsitek asal Amerika Serikat yang memenangi sayembara tersebut. Konsepnya, Canberra menjadi kota yang simpel namun megah dalam topografi berbukit dan berlembah.

Hadi menambahkan meski pemindahan ibu kota negara sejatinya merupakan tugas utama pemerintah pusat, Kaltim sangat serius memberi dukungan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kalimantan timur australia
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top