Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

CPNS: 997 Berkas Masuk, Kualifikasi Pendidikan SMA Diminati

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kota Balikpapan mencatat sebanyak 997 berkas Calon Pgawai Negri Sipil (CPNS) sudah masuk dari sekitar 4.110 pendaftar online yang melamar ke Balikpapan.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 22 November 2019  |  13:53 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kota Balikpapan mencatat sebanyak 997 berkas Calon Pgawai Negri Sipil (CPNS) sudah masuk dari sekitar 4.110 pendaftar online yang melamar ke Balikpapan.

Sekretaris BKPSDM kota Balikpapan Miming Masdiana mengatakan pendaftaran telah dibuka sejak 11 November 2019 hingag terakhir penutupan pada Senin mendatang 25 November 2019. Para CPNS melakukan pendafataran terlebih dahulu yang ditindaklanjuti dengan melengkapi berkas persyaratan yang dikirim melalui kantor pos. Sehingga dia memperkirakan berkas-berkas tersebut masih dalam proses.

Adapun apabila dibandingkan dengan tahun –tahun sebelumnya, formasi yang dibuka tahun ini untuk kota Balikpapan sebanyak 250. Mengalami peningkatan dari tahun lalu sebanyak 189 formasi. Hal tersebut mendorong animo pendaftar yang lebih besar karena jumlah formasi yang tersedia lebih banyak.

Para pendaftar lazimnya baru ramai pada batas akhir waktu, sehingga diperkirakan masih banyak yang melakukannya hingga Senin pekan depan.

“Saat ini servernya pendaftaran online juga masih mengalami gangguan. Karena memang sedang puncak-puncaknya. Paling aman memang kalau subuh dan jam-jam tidur,” jelasnya Jumat (22/11/2019).

Tercatat dari 4.110 jumlah pendaftar banyak meminati formasi tenaga teknis Dinas Satuan Polisi Pamong Praja. Hal tersebut lantaran kualifikasi yang dibutuhkan tak lagi harus hingga jenjang S1, tetapi dibuka untuk pendidikan SMA.

“Tahun lalu nggak ada SMA, S1 Semua. Selain itu kecenderungannya memang banyak formasi untuk guru karena memang yang paling dibutuhkan,”imbuhnya.

Justru untuk formasi yang membutuhkan persyaratan cum laude dan untuk disabilitas belum banyak pendaftar.

Setelah verifikasi berkas dilakukan akan ditindaklanjuti dengan pengumuman lulus admnistrasi. Selanjutnya pada Desember akan ada pengumuman lulus seleksi administrasi. Mereka yang lulus seleksi itu akan mengikuti tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) pada Februari 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cpns
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top