UMP Sambut Program Ada Sarjana di Setiap Rumah

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya siap mewujudkan program Ada Sarjana di Setiap Rumah, yang digagas Wali Kota Fairid Nafarin.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 November 2019  |  08:37 WIB
UMP Sambut Program Ada Sarjana di Setiap Rumah
Ilustrasi - JIBI

Bisnis.com, PALANGKA RAYA - Universitas Muhammadiyah Palangkaraya siap mewujudkan program Ada Sarjana di Setiap Rumah, yang digagas Wali Kota Fairid Nafarin. 

Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya Sonedi menyambut baik keinginan Wali Kota Palangka Raya Fairid Nafarin menyiapkan sumber daya manusia berpendidikan tinggi tersebut.

“Luar biasa komitmen Wali Kota Fairid Nafarin yang langsung fokus menyentuh sektor pendidikan yang merupakan kebijakan unggul yang banyak dilakukan pemimpin besar dunia,” ucap Rektor Sonedi disela-sela Rakornas Bidang Kemahasiswaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiah se-Indonesia di kampus UMP, Minggu (24/11/2019).

UMP sebagai aset umat dan masyarakat di Provinsi Kalimantan Tengah siap melaksanakan kebijakan Wali Kota Fairid Nafarin menyiapkan segenap warga kota berpendidikan tinggi.

Pola penyelenggaraan dari rencana program warga Palangka Raya berpendidikan tinggi seperti dalam hal Pemkot Palangka Raya mengalokasikan anggaran pendidikan atau dari anggaran bantuan sosial yang akan digunakan operasional penyelenggaraan pendidikan bagi warga kota dengan membagi pada semua program studi yang ada di UMP.

“Kalau bisa dialokasikan 10 mahasiswa untuk setiap program studi, maka dari 17 Prodi yang ada UMP saja bisa mencetak 170 orang lulusan Diploma, Sarjana, dan Master setiap tahun dan 5 tahun masa jabatan periode pertama akan menghasilkan 850 Sarjana/Master,” ucap Wakil Rektor Bidang SDM, Keuangan dan Kerja sama UMP Ika Safitri Windiarti.

Rencana program “mensarjanakan warga kota Palangka Raya” itu mendapat apresiasi dari pimpinan 166 perguruan tinggi yang sedang menyelenggarakan Rakornas Bidang Kemahasiswsan di kampus UMP yang berlangsung 22-24 November 2019.

Para pimpinan perguruan tinggi Muhammadiyah/Aisyiah dari seluruh wilayah di Indonesia tersebut menyatakan akan mengadopsi bilamana nantinya program bersama Pemkot Palangka Raya dan UMP sudah berjalan, untuk selanjutnya dikomunikasikan dengan para bupati/wali kota yang ada kampus perguruan tinggi Muhammadiyah.

UMP saat ini memiliki 17 Program Studi pada 6 Fakultas yaitu FISIPOL, FKIP, Fapertahut, Fak Teknik, Fak Ilmu Kesehatan, Fakultas Agama Islam.

Dari 17 Prodi yang dimiliki UMP terdapat satu Prodi Strata Satu (S1) sudah Terakreditasi A Unggul yaitu Prodi Ilmu Administrasi Publik, dan Prodi Strata Dua (S2) Magister Administrasi Publik yang juga dalam proses menuju Terakreditasi A Unggul di bawah lingkup pengelolaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
palangka raya

Sumber : Antara

Editor : Saeno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top