Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kalteng Dorong Rungan Kahayan jadi Kawasan Ekosistem Esensial

Lanskap Rungan Kahayan di antara Sungai Rungan dan Sungai Kahayan masuk tiga kawasan administrasi Palangka Raya, Pulang Pisau dan Gunung Mas.
Palangkaraya di Kalimantan Tengah./Istimewa
Palangkaraya di Kalimantan Tengah./Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN —  Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) mendorong lanskap Rungan-Kahayan menjadi kawasan ekosistem esensial (KEE) koridor alam liar.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Tengah Mathius Hosang menyatakan perwakilan dari Kalimantan Tengah akan berdiskusi, berbagi pengalaman, dan pembelajaran pengelolaan Ekosistem Esensial di Kalimantan Timur.

“Kami melihat bahwa apa yang sudah dilakukan di KEE Wehea-Kelay, bisa kami terapkan di Lanskap Rungan-Kahayan,” ujarnya, Rabu (3/8/2022).

Dia menjelaskan, lanskap Rungan Kahayan berada di antara Sungai Rungan dan Sungai Kahayan yang masuk dalam tiga kawasan administrasi meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau dan Gunung Mas.

Sementara itu, Chief Executive Officer Borneo Nature Foundation Juliarta Bramansa Ottay menyebutkan orang utan di luar wilayah konservasi, seperti di area perlindungan rawa gambut serupa dengan Bentang Alam Wehea-Kelay, Kalimantan Timur.

 “Kami ingin tahu cara pendekatan kemitraan bentang alam di Wehea-Kelay ini, bagaimana bisa mengajak multi pihak untuk berkomitmen,” sebutnya.

Sebelumnya, Borneo Nature Foundation telah menginisiasi konservasi orang utan di Lanskap Rungan Kahayan yang bekerja sama dengan para pemangku kepentingan terkait pada 2017.

Juliarta menyebutkan, pihaknya menemukan 1.978 sarang orang utan setelah melakukan survei distribusi orang utan di kawasan sepanjang 104,8 kilometer 2017 silam.

“Tim juga menemukan potensi keberadaan primata pada enam hutan desa di Kabupaten Pulang Pisau. Selain orang utan, ditemukan pula kukang (Niycticebyus sp), bekantan (Nasalis larvatus), kelasi (Presbytis comata), Owa (Hylobates albibarbis), dan monyet ekor panjang (Macaca fascicularis),” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler