Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

IKN : Tenaga Kerja di Kaltim Harus Bersertifikat

Target tenaga kerja konstruksi bersertifikat sebanyak 37.086 orang selama 5 tahun mendatang.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 07 Desember 2019  |  20:00 WIB
Sejumlah pencari kerja mengamati pengumuman lowongan kerja - ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Sejumlah pencari kerja mengamati pengumuman lowongan kerja - ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Bisnis.com, BALIKPAPAN -- Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR Pera) Kaltim HM Taufik Fauzi menyebutkan target tenaga kerja konstruksi bersertifikat sebanyak 37.086 orang selama 5 tahun mendatang.

Kebijakan itu menurut Taufik, sesuai RPJMD Provinsi Kalimantan Timur 2019-2023, sehingga tenaga kerja (Naker) langsung terserap lapangan kerja.

"Hal ini sangat bersesuaian dengan ditetapkannya Kaltim sebagai ibu kota negara (IKN)," ujarnya melalui keterangan resmi Sabtu (7/12/2019).

Dihadapan Gubernur Kaltim Isran Noor dan Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Syarif Burhanudin, Taufik mengemukakan guna mewujudkan target itu pihaknya berkomitmen melakukan upaya meningkatkan peran khususnya tenaga ahli lokal Kaltim.

Diantaranya, Dinas PUPR Kaltim telah melakukan upaya berupa memberi bantuan pendanaan dalam proses sertifikasi tenaga ahli untuk memperoleh sertifikat keahlian dan keterampilan.

Dimana dimulai pada 2017 hingga 2019 telah dibantu sebanyak 1.039 orang untuk mendapatkan Sertifikat Keahlian (SKA) dan sekitar 1.746 orang untuk mendapatkan Sertifikat Keterampilan (SKT).

"Hal ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 2/2017 tentang Jasa Konstruksi yang mewajibkan setiap tenaga kerja konstruksi memiliki sertifikat," ungkap Taufik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tenaga kerja Ibu Kota Dipindah
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top