Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Konsumsi di Kaltim Meningkat Jelang Akhir Tahun

Indeks Tendensi Konsumen provinsi Kalimantan Timur hingga akhir tahun ini diproyeksikan kembali meningkat sejalan dengan peningkatan pendapatan rumah tangga.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 09 Desember 2019  |  11:55 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN -- Indeks Tendensi Konsumen provinsi Kalimantan Timur hingga akhir tahun ini diproyeksikan kembali meningkat sejalan dengan peningkatan pendapatan rumah tangga.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Timur, Tutuk Cahyono mengatakan kendati demikian kenaikan pendapatan ini tidak didukung oleh rencana pembelian barang-barang tahan lama yang justru mengalami penurunan. 

Selain itu, ITK juga bergerak sesuai dengan hasil survei konsumen oleh Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur. 

Dia pun meyakini pada akhir tahun, keyakinan konsumen akan semakin meningkat sebagaimana ditunjukkan oleh IKK periode Oktober--November 2019 yang tercatat meningkat dibandingkan triwulan II/2019 dan berada pada level optimis yang ditunjukkan oleh indeks di atas 100. 

Tutuk menyebutkan bahwa peningkatan tersebut terutama didukung oleh kondisi ekonomi saat ini yang diyakini masyarakat lebih baik dibandingkan dengan triwulan sebelumnya. Tercermin oleh kenaikan indeks kondisi ekonomi saat ini yang mengalami peningkatan dari triwulan sebelumnya. 

"Momen akhir tahun dengan adanya Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru 2020 serta libur anak sekolah diyakini akan meningkatkan tingkat konsumsi masyarakat. Mereka lebih optimis dengan kondisi ekonomi saat ini. Hal tersebut juga didukung oleh tingkat optimisme masyarakat Kaltim terhadap perekonomian ke depan sebagaimana tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen yang masih menunjukkan level optimis (di atas 100) meskipun tingkat optimismenya menurun dari triwulan sebelumnya," jelasnya kepada Bisnis Senin (9/12/2019).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kalimantan
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top