Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara SAMS Sepinggan Bersiap Menjelang Nataru

PT Angkasa Pura I, Operator Bandara Sultan Muhammad Aji Sulaiman Sepinggan mencatat belum adanya maskapai yang mengajukan penambahan jadwal penerbangan.
Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur./BUMN.go.id
Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur./BUMN.go.id

Bisnis.com, BALIKPAPAN – PT Angkasa Pura I, Operator Bandara Sultan Muhammad Aji Sulaiman Sepinggan mencatat belum adanya maskapai yang mengajukan penambahan jadwal penerbangan selama periode jelang natal dan tahun baru.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan mengatakan kondisi tersebut lantaran tahun ini arus mudik Nataru diprediksikan mengalami penurunan baik dari jumlah penumpang maupun maskapai. Masing-masing diprediksikan turun hingga 20,31% dan 13% dibandingkan dengan tahun lalu.

“Untuk maskapai di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan belum ada yang mengajukan extra fligh. Meskipun penumpang turun ditahun ini pelayanan tetap dimaksimalkan, salah satunya dengan membentuk posko Nataru. Kami juga siap memback up apabila nantinya Bandara APT Pranoto di Samarinda juga memerlukan bantuan,” jelasnya Rabu (18/12/2019).

Sebagai gambaran arus mudik Nataru tahun 2018/2019 lalu tercatat sebanyak 3.098 pesawat dan 343.139 penumpang yang datang berangkat melalui Bandara SAMS Sepinggan.

Khusus untuk Nataru, Bandara SAMS Sepinggan akan membuka posko Nataru selama 19 hari dimulai pada 19 Desember 2019 sampai dengan tanggal 6 Januari 2020.

Adapun antisipasi yang dilakukan Angkasa Pura I Balikpapan untuk keselamatan penerbangan memasuki musim penghujan dengan memastikan pemeliharaan dan pergerakan diarea sisi udara, setiap dua kali sehari melakukan inspeksi runway. Selain itu beberapa waktu lalu pasca bom bunuh diri di Medan peningkatan pengamanan di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan diperketat pada jalur akses masuk dan keluar serta berpatroli area sekitar Bandara.

"Posko Nataru ini melibatkan sebanyak 109 personel yang tergabung bersama stakeholder unsur penerbangan, keamanan dan organisasi. Setiap harinya yang akan betugas sebanyak 37 personil dibagi 3 sif," kata Farid.

Lebih lanjut Farid mengungkapkan Posko Nataru di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan untuk dapat juga memonitoring jika ada penerbangan extra flight sehingga ada penambahan jam operasional nantinya, selain itu terkait kelancaran diarea sisi udara semua pekerjaan termasuk overlay dapat dihentikan sementara dan inspeksi rutin harian diarea Bandara SAMS Sepinggan dimaksimalkan secara intensif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper