Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cuaca Ekstrem, Pemprov Kaltim Siap Siaga

BPBD Kaltim mengimbau kepada seluruh masyarakat Kaltim untuk tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir dan tanah longsor, menyusul kondisi cuaca yang saat ini sudah memasuki musim hujan.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 08 Januari 2020  |  19:35 WIB

Bisnis.com, BALIKPAPAN -- Memasuki periode Januari 2020, beberapa daerah di tanah air telah dilanda cuaca ekstrim seperti hujan deras yang disertai angin kencang mengakibatkan banjir dan tanah longsor

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim H Nazrin mengimbau kepada seluruh masyarakat Kaltim untuk tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir dan tanah longsor, menyusul kondisi cuaca yang saat ini sudah memasuki musim hujan.

"Cuaca ekstrim yang melanda beberapa daerah menjadi perhatian kita semua untuk tetap waspada, termasuk masyarakat di Kaltim. Cuaca ekstrim memunculkan bencana yang tidak diduga, seperti angin kencang, banjir maupun tanah longsor. Kita harus tetap waspada terhadap berbagai kemungkinan terjadinya bencana," imbaunya melalui keterangan resmi Rabu (8/1/2020).

Menurutnya, cuaca ekstrim yang dapat menimbulkan bencana tidak bisa diprediksi kapan terjadi, sehingga perlu langkah dan upaya bersama untuk mengantisipasinya.

"Semua harus menyadari bahwa kondisi alam dan lingkungan dewasa ini sudah banyak berubah, sehingga perlu adanya langkah dan upaya untuk mengantisipasinya. Apalagi, saat memasuki musim hujan diimbau masyarakat senantiasa meningkatkan kewaspadaan terkait kemungkinan bencana yang disebabkan curah hujan tinggi dan angin kencang," papar Nazrin.

Guna mengantisipasi cuaca ekstrim, Nazrin meminta perangkat daerah terkait untuk terus dilakukan koordinasi dan sinergi dalam mengantisipasi dan mengatasi permasalahan untuk penanggulangan bencana di Kaltim.

"Khusus kabupaten dan kota yang sudah memiliki BPBD bisa menyiapsiagakannya bersama desa tangguh bencana, serta membangun sistem penanggulangan bencana secara sinergi, terencana, terpadu serta berkesinambungan," pesan Nazrin

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim cuaca ekstrem
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top