Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaltim Segera Garap Empat Proyek Strategis Nasional

Pada 2020 ini, setidaknya pemerintah provinsi Kalimantan Timur akan mengerjakan empat proyek strategis nasional (PSN).
Jalan tol Balikpapan/Istimewa
Jalan tol Balikpapan/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Pada 2020 ini, setidaknya pemerintah provinsi Kalimantan Timur akan mengerjakan empat proyek strategis nasional (PSN).

PSN itu terdiri normalisasi Sungai Karang Mumus (SKM) di Samarinda total hampir Rp2 triliun dan pembangunan Waduk Lambakan di Kabupaten Paser. Juga Jembatan Tol Balikpapan-Penajam.

Pembangunan jalan perbatasan sepanjang 280 kilometer meliputi Desa Ujoh Bilang Kecamatan Long Bangun-Kecamatan Long Pahangai-Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

"Pemprov Kaltim berupaya menghindari mega-proyek dengan biaya APBD, Tetapi diarahkan untuk dapat masuk dalam skema pembiayaan Proyek Strategis Nasional," kata Gubernur Kaltim Isran Noor melalui keterangan resmi Kamis (9/1/2020).

Selain itu, lanjutnya PSN diarahkan untuk penyelesaian Bendungan Marangkayu di Kutai Kartanegara. Pembangunan tol Samarinda-Bontang sepanjang 95 kilometer nilai investasi sekitar Rp.11 triliun.

Pembangunan Bendungan Sungai Wain untuk mengurangi beban Waduk Manggar dan Bendungan Teritip dalam menyuplai air baku di Balikpapan.

Terhadap proyek-proyek pembangunan yang sudah selesai, Isran berharap dimanfaatlkan dengan sebaik-baiknya. Seperti Bandara Internasional APT Pranoto, Jembatan Mahkota II dan Jembatan Mahakam IV Samarinda. Termasuk jalan tol Samarinda-Balikpapan yang sudah diresmikan Presiden Joko Widodo.

"Jalan tol dapat dilalui meskipun baru mencapai 66 kilometer hingga Gerbang Tol Samboja. Target rampung akhir Maret ini," ungkap Isran Noor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper