RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan Jadi Tempat Penanganan Suspek Virus Corona

Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur terus berkoordinasi memperkuat dari ancaman virus corona. Semua komponen mulai dari rumah sakit hingga balai karantina bekerja bersama.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 03 Februari 2020  |  18:41 WIB
RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan Jadi Tempat Penanganan Suspek Virus Corona
Ilustrasi-Pekerja medis mengangkut seorang pasien yang diyakini terjangkir virus corona di Hong Kong, China. - Justin Chin / Bloomberg

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur terus berkoordinasi memperkuat dari ancaman virus corona. Semua komponen mulai dari rumah sakit hingga balai karantina bekerja bersama.

Walikota Balikpapan, Rizal Effendi mengatakan bahwa pemerintah menunjuk Rumah Sakit Umum Daerah Kanujoso Djatiwibowo sebagai pusat rujukan jika ada yang terpapar corona. Pelayanan di sana sudah memiliki ruang isolasi yang memadai.

“Beberapa rumah sakit juga punya ruang isolasi walau belum memenuhi standar. Ada sekitar 20 ruang isolasi yang dimiliki Balikpapan,” katanya di Balikpapan, Senin (3/2/2020). 

Rizal menjelaskan bahwa rumah sakit Balikpapan belum ada yang memiliki ruangan standar untuk penanganan corona. Hal ini karena setiap wabah memiliki penanganan tersendiri.

Dia mencontohkan ketika ada seseorang yang harus diperiksa karena diduga terdampak, penangannya menjadi lama. Rumah sakit sekelas Kaniyoso tidak memiliki alat untuk menguji cepat (rapid test) apakah dia positif atau negatif terkena virus. 

“Ini yang jadi perhatian. Dan disampaikan ke Kementerian Kesehatan agar wilayah Kalimantan atau Balikpapan yang bakal jadi penyangga ibu kota sudah bisa lakukan rapid test untuk kasus-kasus seperti ini,” jelasnya.

Oleh karena itu, Rizal telah berbicara dengan legislatif dan juga Gubernur Kalimantan Timur agar rumah sakit dikucurkan dana untuk melengkapi kebutuhan tersebut.

Untuk anggaran pembangunan ruangan masih belum dikalkulasi karena baru wacana. Akan tetapi lahan di Rumah Sakit Kaniyoso tersedia untuk fasilitas tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
virus corona

Editor : Andhika Anggoro Wening
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top