RS Kanujoso Jadi Contoh Awal Ruang Isolasi Berstandar di Balikpapan

Rumah Sakit Umum Daerah Kanujoso Djatiwibowo, Balikpapan, Kalimantan Timur ditunjuk sebagai rujukan utama jika ada yang memiliki gejala virus corona.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 03 Februari 2020  |  18:08 WIB
RS Kanujoso Jadi Contoh Awal Ruang Isolasi Berstandar di Balikpapan
Ilustrasi. Tim medis melakukan pemeriksaan terhadap seorang pasien saat kegiatan simulasi penanganan virus Corona di RSUD Dr. Loekmono Hadi, Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (1/2/2020). - ANTARA / Yusuf Nugroho

Bisnis.com,  BALIKPAPAN – Rumah Sakit Umum Daerah Kanujoso Djatiwibowo, Balikpapan, Kalimantan Timur ditunjuk sebagai rujukan utama jika ada yang memiliki gejala virus corona.

Akan tetapi fasilitas di sana masih belum sangat baik. Untuk ruang isolasi, tidak ada yang terstandar untuk wabah corona.

Selain itu, ruang laboratorium pengujian cepat mengidentifikasi pasien terdampak virus belum ada.

Oleh karena itu Walikota Balikpapan, Rizal Effendi  mengajukan fasilitas tersebut kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Pemerintah Daerah Kalimantan Timur. Dia mengajukan surat agar didirikan di Rumah Sakit Kanujoso.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan bahwa mendukung keberadaan ruangan tersebut. Apalagi Kanujoso sudah ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan nasional. 

“Rumah Sakit Kanujoso sudah ada ruang isolasi. Tapi kan ada standar. Kami ingin yang terbaik,” katanya di Balikpapan, Senin (3/2/2020).

Wanita yang disapa Dio ini menjelaskan bahwa ini adalah momentum karena Balikpapan akan menjadi penyangga utama ibu kota negara baru. Rumah sakit berstandar harus ada di wilayah tersebut. 

Dia menambahkan bahwa ruang isolasi memiliki kelas. Itu berpengaruh pada penanganan suatu wabah karena pperlakuannya berbeda-beda. 

“Kita upayakan di Kanujoso dulu karena ini rumah sakit pemerintah. Namun kita berharap rumah sakit lain seperti pertamina. Karena katanya mau dibangun rumah sakit pusat di sini. Kalau benar, [kami minta] ada ruang isolasi berstandar,” jelasnya.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
virus corona

Editor : Ajijah
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top