Kembangkan Komoditas, Kaltim Mulai Ekspor Porang

Kalimantan Timur terus menggenjot ekonomi di bidang pertanian dengan menaikkan target ekspor dari Rp12 triliun pada 2018 jadi Rp14 triliun tahun ini.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 21 Februari 2020  |  18:25 WIB
Kembangkan Komoditas, Kaltim Mulai Ekspor Porang
Penanaman bibit tanaman porang - Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN -- Kalimantan Timur terus menggenjot ekonomi di bidang pertanian dengan menaikkan target ekspor dari Rp12 triliun pada 2018 jadi Rp14 triliun tahun ini.

Kepala Karantina Pertanian Balikpapan, Abdul Rahman mengatakan bahwa salah satu upayanya dengan memaksimalkan potensi komoditas yang ada. Salah satunya adalah porang.

Komoditas porang mulai bisa diekspor petani Kalimantan Timur (Kaltim) pertengahan tahun ini. Sudah ada 100 hektare lahan tanaman porang yang siap dipanen. Lahan tersebut berada di Balikpapan, Penajam Paser Utara (PPU), Paser, dan Kutai Kartanegara.

"Ekspor porang ini salah satu upaya Karantina Pertanian Balikpapan mendukung program menuju tiga kali lipat ekspor oleh Kementerian Pertanian," katanya, Jumat (21/2/2020).

Rahman menjelaskan bahwa potensi porang sangat tinggi karena peminatnya cukup banyak. Ditambah nilai jualnya cukup tinggi dengan harga per kilogram sekitar Rp50.000.

Apabila satu hektare lahan dapat menghasilkan 40 ton porang, maka dengan harga yang ada dapat menghasilkan Rp2 miliar. Berarti, porang siap panen dalam waktu dekat bisa menyumbang target sebesar Rp200 miliar.

Sementara investasi pengembangannya hanya Rp40 juta. Keuntungan besar ini membuat masyarakat tertarik menanamnya.

Berdasarkan informasi Balai Karantina, Jepang siap menadah porang Indonesia. Demi meningkatkan jumlah porang, tahun ini juga akan dibangun pabrik produksi yang letaknya tidak jauh dari Pelabuhan Terminal Peti Kemas Karingau.

"Nanti yang tanam porang juga akan dibuatkan koperasi agar hasil panen porang dapat terkoordinasi dengan baik," jelas Rahman.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
balikpapan

Editor : Ajijah
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top