Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Enam Warga Balikpapan Positif Corona, APD Masih Minim

Dari jumlah tersebut, tiga di antaranya pernah pergi ke Bogor. Kesulitan yang dihadapi pemda adalah minimnya APD dan tenaga perawat.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 20 Maret 2020  |  19:27 WIB
Petugas menggunkan pakaian khusus saat melakukan penyemprotan cairan disinfektan saat proses sterilisasi pada pesawat Lion Air Boeing 737-800 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Petugas menggunkan pakaian khusus saat melakukan penyemprotan cairan disinfektan saat proses sterilisasi pada pesawat Lion Air Boeing 737-800 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Jumlah warga Kalimantan Timur positif terinfeksi virus Corona (Covid-19) bertambah jadi 9 orang. Dari jumlah tersebut, enam di antaranya berasal dari Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, mengatakan bahwa semua pasien dirawat di RSUD Kanujoso Djatiwibowo (RSKD). Berbagai penanganan untuk mencegah penyebaran sudah dilakukan.

Kegiatan belajar mengajar diliburkan. Setengah dari PNS yang totalnya mencapai 5.000 orang juga diminta bekerja dari rumah. Kerja sama masyarakat untuk menjaga kesehatan pun diperlukan.

“Hambatan yang dialami adalah terbatasnya alat pelindung diri (APD) untuk petugas. Kemudian tenaga dokter dan para medis sehinga Kepala Dinas Kesehatan meminta agar rumah sakit di Balikpapan mengirimkan tenaga-tenaganya untuk dibantu dan pusatkan di Rumah Sakit Kanujoso,” katanya di Kantor Wali Kota Balikpapan, Jumat (20/3/2020).

Rizal menjelaskan bahwa di Balikpapan ada 26 warga observasi rumah sakit atau pasien dengan pengawasan (PDP). Hasil tes terbaru ada tambahan 4 orang negatif virus Corona. Dengan begitu, total 14 PDP negatif. Ditambah dengan 6 pasien positif, tersisa 6 lagi.

Sementara itu, lima tambahan pasien positif rekam jejak tiga di antaranya adalah masuk dalam klaster sidang Sinode di Bogor. Di sana mereka berhubungan kontak dengan warga Solo yang meninggal dunia setelah positif. Sisanya bukan dalam pertemuan itu.

“Yang satu, dia sebelumnya sempat perjalanan ke Jepang. Dan kita lakukan pemeriksaan 13 Maret dan ternyata pagi tadi hasilnya positif. Sedangkan satu lagi dari perjalanan di Jakarta Selatan,” jelas Rizal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top