Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Strategi Kaltim Pulihkan Ekonomi setelah Corona Berakhir

Pandemi Covid-19 atau virus corona yang menyerang secara global, termasuk Indonesia mengakibatkan berbagai permasalahan di bidang kesehatan, ekonomi, dan sosial masyarakat.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 05 Mei 2020  |  20:20 WIB
Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor - Bisnis
Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor - Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Pandemi Covid-19 atau virus corona yang menyerang secara global, termasuk Indonesia mengakibatkan berbagai permasalahan di bidang kesehatan, ekonomi, dan sosial masyarakat.

Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor mengatakan bahwa wilayahnya berdampak pada berkurangnya kapasitas produksi hingga menurunnya pertumbuhan ekonomi. Akibatnya, terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) dan peningkatan angka pengangguran.

Peran Tiongkok yang selama ini cukup besar pada sektor ekspor, yaitu 28 persen dari total non migas diperkirakan menahan pertumbuhan ekonomi Kaltim dalam jangka menengah.

Oleh karena itu, pemerintah provinsi telah menyiapkan strategi pemulihan ekonomi setelah Covid-19 berakhir. Pertama, mendorong pertumbuhan industri pengolahan hasil pertanian atau industri padat karya melibatkan masyarakat secara luas.

“Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui berbagai program pelatihan dan pendidikan agar tercipta SDM [sumber daya manusia] inovatif dan berdaya saing di lokal regional bahkan global,” kata Isran yang dikutip dari situs resmi Kaltim, Selasa (5/5/2020).

Isran menjelaskan bahwa upaya lain yaitu dengan mendorong percepatan investasi pada kawasan industri. Selain itu juga meningkatkan konektivitas agar tercipta pemerataan infrastruktur, terlebih infrastruktur dasar yang bersentuhan langsung ke masyarakat.

“Diperlukan kerja sama dan dukungan yang solid semua pelaku pembangunan agar berhasil lepas dari dampak buruk akibat pandemi Covid 19,” jelasnya.

Sebelumnya, Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang 2020 dimanfaatkan pemerintah Balikpapan untuk menyampaikan aspirasi. Utamanya penyelesaian saat Covid-19 berakhir.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan bahwa Corona sangat berpengaruh terhadap kondisi ekonomi di Kota Minyak. Oleh karena itu, pemulihan secara bertahap dirasa penting.

“Kabupaten kota yang mengusulkan. Pada Musrenbang masih dibuka kesempatan usulan baru tentang pemulihan ekonomi. Kami juga minta ke gubernur ada program pemulihan ekonomi termasuk yang terkena PHK dan dirumahkan,” katanya di Kantor Wali Kota, Kamis (30/4/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top