Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trafik Internet Telkomsel Area Pamasuka Diprediksi Naik 50 Persen

Secara keseluruhan, Telkomsel Area Pamasuka saat ini memiliki 52.100 unit BTS yang tersebar di wilayah Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan dengan 21.600 unit.
Teknisi memasang prangkat base transceiver station (BTS) disalah satu tower di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/3/2020).
Teknisi memasang prangkat base transceiver station (BTS) disalah satu tower di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/3/2020).

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Pada masa pandemi Covid-19 atau virus corona, Telkomsel Area Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan memusatkan pengamanan kualitas dan kapasitas jaringan di area residensial, rumah sakit, serta jalur dan titik transportasi. Bukan hanya itu, penguatan dan pengamanan akses jaringan pun dilakukan.

Vice President Network Operation and Quality Management Telkomsel Area Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan (Pamasuka) Moelky Furqan mengatakan bahwa Ramadan dan Idulfitri tahun ini akan terjadi peningkatan trafik komunikasi. Hal ini didorong dengan makin kuatnya adopsi masyarakat berkegiatan di rumah.

“Untuk layanan broadband sebesar 50,3 persen pada puncak Rafi [Ramadan dan Idulfitri] atau naik 38,9 persen pada hari biasa dibandingkan dengan periode Rafi 2019 lalu,” katanya melalui pertemuan virtual dengan wartawan, Kamis (14/5/2020).

Moelky menjelaskan bahwa layanan telepon diprediksi turun 13,2 persen atau merosot 15,2 persen dibandiingkan dengan Ramadan dan Idulfitri tahun lalu. Layanan pesan singkat (SMS) pun sama yang diprediksi turun 19 persen atau turun 26,5 persen dibandingkan dengan 2019.

Guna mengantisipsi hal tersebut, Telkomsel Pamasuka memusatkan optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan di sekitar 74 titik penting atau point of interest.

Fokusnya pada 42 titik area residensial yang teridentifikasi mengalami kenaikan trafik telekomunikasi sejak kebijakan bekerja di rumah, 19 titik rumah sakit rujukan Covid-19, dan 13 titik area transportasi utama di tiap provinsi seperti bandara dan pelabuhan.

Sementara itu, area Pamasuka juga akan menambah dan meningkatkan kapasitas BTS 4G. Sebanyak 8.675 aktivitas yang terdiri atas 2.900 BTS baru berteknologi multi-band Long Term Evolution atau 4G, upgrade kapasitas BTS 4G sebanyak 5.775 BTS, dan mengoperasikan tambahan 7 unit Compact Mobile BTS.

“Secara keseluruhan, Telkomsel Area Pamasuka saat ini memiliki 52.100 unit BTS yang tersebar di wilayah Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan dengan 21.600 unit BTS. Di antaranya merupakan BTS 4G yang telah menjangkau lebih dari 80 persen wilayah populasi di Pamasuka,” jelas Moelky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Zufrizal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper