Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tes Usap Massal Dipadu Aplikasi Mempermudah Penelusuran Pasien Covid-19

Rekam jejak orang yang positif Covid-19 juga mudah ditelusuri sehingga tidak bisa lagi kabur atau menolak menjalani karantina.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 Juni 2020  |  06:56 WIB
Ilustrasi. - Antara
Ilustrasi. - Antara

Bisnis.com, BANJARMASIN - Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Kalimantan Selatan menggelar tes usap massal dengan sistem "drive thru", di mana masyarakat tetap di kendaraan selama pengambilan sampel usap dari hidung atau tenggorokan guna mencegah penularan Covid-19.

"Target kami 500 orang mengikuti 'swab' (tes usap) ini yang mana dari hasil tes cepat oleh puskesmas dan Dinas Kesehatan Banjarmasin reaktif," kata Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr Erwinn Zainul Hakim di Banjarmasin, Rabu (24/6/2020).

Pelaksanaan tes usap Covid-19 tersebut juga didukung teknologi inovasi dari Bid Dokkes Polda Kalsel yang menggunakan aplikasi "Siwalan" atau Aplikasi Swab Berjalan. Masyarakat mengikuti tes usap tinggal mengisi data di aplikasi tersebut.

"Jadi saat datang, petugas tinggal mengecek barcode atau kode batang di aplikasi guna memastikan orang yang bersangkutan telah menjalani 'rapid test' (tes cepat) agar datanya valid," katanya.

Dengan aplikasi karya anggota Bid Dokkes itu, masyarakat yang telah mengikuti tes usap dapat mengetahui hasilnya cukup dengan mengecek di aplikasi Siwalan melalui ponsel.

Bagi Dinas Kesehatan, rekam jejak orang yang positif Covid-19 juga mudah ditelusuri sehingga tidak bisa lagi kabur atau menolak menjalani karantina.

"Ke depan Siwalan akan digunakan seluruh puskesmas di Kalsel, sehingga jika ingin 'swab' cukup mengisi data nomor NIK di aplikasi," kata Erwinn.

Bakti kesehatan Polri berupa tes usap massal dilaksanakan Polda Kalsel dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-74 pada 1 Juli 2020.

Ada lima titik pengambilan sampel sistem "drive thru", yaitu dua untuk kendaraan roda empat dan tiga untuk kendaraan roda dua.

Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin Machli Riyadi menyampaikan terima kasih kepada Polda Kalsel atas kegiatan tes usap massal tersebut.

"Bid Dokkes Polda Kalsel telah banyak membantu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banjarmasin dalam pelaksanaan tes cepat dan tes usap. Semoga kasus penyebaran virus corona segera mencapai puncaknya hingga bisa menurun," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Kalsel

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top