Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Balikpapan Berniat Perpanjang Bansos hingga Desember, Sumber Dana masih Dicari

Pemerintah Kota Balikpapan berencana memperpanjang bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 atau virus Corona. Bahkan, perpanjangan bansos itu akan dilakukan hingga akhir tahun, jika anggaran memungkinkan.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 28 Juli 2020  |  16:31 WIB
Walikota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan perkembangan terbaru positif Corona di wilayahnya, Jumat (20/3/2020) -  Jaffry Prabu P./Bisnis
Walikota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan perkembangan terbaru positif Corona di wilayahnya, Jumat (20/3/2020) - Jaffry Prabu P./Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan berencana memperpanjang bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 atau virus Corona. Bahkan, perpanjangan bansos itu akan dilakukan hingga akhir tahun, jika anggaran memungkinkan.

Rizal Effendi, Wali Kota Balikpapan,  mengatakan bahwa tengah menghitung dana yang tersedia. Dia juga akan membahas ini bersama legislatif.

“Kalau ada anggaran mungkin dilanjutkan,” katanya kantor Wali Kota, Selasa (28/7/2020).

Rizal menjelaskan bahwa bantuan rencananya diberikan hingga akhir tahun. Besarannya yaitu Rp250.000 per kepala keluarga (KK).

“Tapi sekali lagi jika kondisi keuangan daerah ini memungkinkan,” jelasnya.

Balikpapan saat ini tengah juga menunggu bantuan sosial tunai (BST) dari Pemerintah Provinsi Kaltim. Rizal menuturkan bahwa ada sekitar 13.000 KK yang diusulkan.

“Dan nudah-mudahan hari Rabu [besok] ada 500 bantuan berupa sembako untuk pelaku ekonomi keratif Balikpapan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kalimantan Timur, Agus Hari Kesuma menuturkan bahwa instansinya akan memperpanjang jaring pengaman sosial (JPS). Itu telah diberikan sebelumnya pada Maret hingga Juni dengan Rp250.000 per bulan.

Karena kondisi belum membaik dan Corona yang terus meningkat, periode JPS ditambah tiga bulan lagi. Jumlah dana yang diberikan sama.

“Data terakhir kami menerima 46.000 kepala keluarga dan diverifikasi menjadi 41.000. Tahap kedua ini datanya terus masih dan masih diverifikasi,” ucapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan bansos Virus Corona covid-19
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top