Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PLTS Berdiri, Desa di Paser, Kaltim, Bisa Menikmati Listrik

Pemprov Kalimantan Timur terus membangun kelistrikan daerah itu antara lain dengan cara membangun PLTS.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 29 Juli 2020  |  23:33 WIB
Ilustrasi pembangkit listrik tenaga surya./Antara - Prasetia Fauzani
Ilustrasi pembangkit listrik tenaga surya./Antara - Prasetia Fauzani

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Warga hutan belantara yang menyelimuti Desa Rantau Batu, Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, akhirnya bisa menikmati cahaya terang di malam hari penuh.

Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kaltim membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terpadu off grid.

PLTS berkapasitas 24 kWp dengan panjang jaringan 1,1 kilometer sirkuit (KMS) ini bernilai Rp3.829 miliar dan mulai dibangun 13 April lalu oleh PT Mahakam Lembu Mulawarman.

Pembangkit listrik melayani 51 pelanggan yang terdiri atas 42 rumah warga dan sembilan fasilitas umum selama 24 jam. Nantinya, setiap jam 17.00 diisi kembali energi listrik sebesar 700 watt jam per hari.

Kepala Biro Humas Setdaprov Kaltim Muhammad Syafranuddin mengatakan bahwa energi yang disuplai ke masing-masing pelanggan untuk rumah warga. Dayanya setiap 1 ampher/230 watt dengan kuota energi perhari 700 watt jam.

Sedangkan fasilitas umum berdaya setiap 1 Amphere/230 watt dengan kuota energi perhari 1000 watt jam. Jaringan penerangan jalan umum sebanyak 26 buah\

“Melistriki desa terpencil, terisolasi, dan tertinggal merupakan salah satu program prioritas Gubernur Kaltim [Isran Noor],” ungkapnya dikutip dari akun Instagram Pemprov Kaltim pada Rabu (29/7/2020).

Ivan, sapaan akrab Syafranuddin, menjelaskan bahwa pemerintah sangat menyadari listrik adalah kebutuhan dasar masyarakat yang wajib tersedia. “Berkat adanya PLTS terpadu, mereka bisa menikmati listrik 24 jam.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

listrik plts kalimantan timur
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top