Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Iduladha 1441 H, Pupuk Kaltim Potong 103 Sapi dan 77 Kambing

Seluruh daging kurban didistribusikan merata bagi masyarakat dengan total penerima mencapai 6.500 mustahik yang terbagi di beberapa wilayah, seperti Kelurahan Guntung, Sidrap, Loktuan, Api-Api, Gunung Elai, Telihan, Belimbing, Kanaan, Pulau Gusung, Sempayang, poros Bontang-Sangatta, serta masjid, pondok pesantren, serta sejumlah panti asuhan di Bontang.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 02 Agustus 2020  |  04:52 WIB
Pupuk Kaltim melalui Badan Pembinaan Umat Islam (BPUI) memotong ratusan hewan kurban pada Iduladha 1441 H. - JIBI/Istimewa.
Pupuk Kaltim melalui Badan Pembinaan Umat Islam (BPUI) memotong ratusan hewan kurban pada Iduladha 1441 H. - JIBI/Istimewa.

Bisnis.com, BONTANG—Pupuk Kaltim melalui Badan Pembinaan Umat Islam (BPUI) memotong ratusan hewan kurban pada Iduladha 1441 H, yang terdiri dari 103 ekor sapi dan 77 kambing, dengan muqorrib dari Direksi dan Manajemen, serta karyawan dan keluarga besar perusahaan serta masyarakat Bontang.

Penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban dilaksanakan melalui 4 masjid di sekitar perusahaan, yakni Masjid Baiturrahman, Masjid Fathul Khoir, Masjid Al-Furqon dan Masjid Al-Mubarakah, pada Sabtu (1/8).

Panitia Kurban BPUI Pupuk Kaltim Wawan Ari Susanto mengatakan penerimaan hewan kurban tahun ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, sekira 1% untuk sapi dan 58% untuk kambing. Seluruhnya didistribusikan merata bagi masyarakat dengan total penerima mencapai 6.500 mustahik yang terbagi di beberapa wilayah, seperti Kelurahan Guntung, Sidrap, Loktuan, Api-Api, Gunung Elai, Telihan, Belimbing, Kanaan, Pulau Gusung, Sempayang, poros Bontang-Sangatta, serta masjid, pondok pesantren, serta sejumlah panti asuhan di Bontang.

“Sebagian juga kami distribusikan ke luar Bontang dan beberapa lembaga di Bontang yang mengajukan permintaan kepada panitia,” ujar Wawan.

Guna menjaga protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran Covid-19 selama bursa hewan kurban, muqorrib mempercayakan kepada panitia. Begitu pula saat penyembelihan, warga tidak dibolehkan melihat maupun mendekati area pemotongan kecuali muqorrib, untuk menghindari kerumunan massa. Bahkan pelaksanaan bursa hewan kurban juga dilakukan secara online melalui aplikasi “Ibadah Nyaman” yang tersedia di playstore.

“Jadi selain offline dengan display foto hewan kurban, kami juga membuka layanan bursa online bagi muqorrib yang ingin berkurban. Upaya itu berjalan efektif,” terang Wawan.

Begitu pula untuk mengantisipasi tumpang tindih pendistribusian, BPUI Pupuk Kaltim bekerjasama dengan unit kerja Perusahaan seperti Departemen Humas dan CSR, termasuk Joint Venture Company (JVC) dan Anak Perusahaan, RS Pupuk Kaltim, serta mitra Perusahaan lainnya. Khusus 4 sapi kurban dari Direksi Pupuk Kaltim, telah didistribusikan ke sejumlah masjid di Bontang, untuk dilakukan penyembelihan dan pendistribusian langsung oleh panitia setempat, diantaranya Masjid Baiturrahman, Sidrap, Loktuan dan Bontang Kuala.

“Seluruh mustahik juga telah melalui verifikasi, agar penyaluran tepat sasaran sesuai kategori penerima sesuai syariat Islam,” tambah Wawan.

Ketua Panitia Kurban Masjid Al-Misbah Bontang Kuala Sanusi, mengucapkan terima kasih atas kontribusi Pupuk Kaltim melalui satu ekor sapi kurban dari Direksi Pupuk Kaltim yang dipercayakan ke pihaknya, untuk didistribusikan langsung bagi mustahik yang membutuhkan di Bontang Kuala. Dirinya mengaku Pupuk Kaltim telah banyak berkontribusi bagi masyarakat di wilayahnya, baik dalam bidang keagamaan maupun sektor lainnya. Sanusi berharap kepedulian dan kontribusi Pupuk Kaltim senantiasa berkesinambungan, agar keberadaan Perusahaan makin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Kami ucapkan terima kasih atas kontribusi Pupuk Kaltim bagi masyarakat Bontang Kuala, khususnya untuk hewan kurban pada Idul Adha kali ini. Semoga menjadi berkah untuk Pupuk Kaltim maupun keluarga besar Perusahaan,” kata Sanusi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top