Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Yuk! Kenali 4 Pilar Tanggung Jawab Sosial Pertamina Balikpapan

Empat pilar tanggung jawab sosial Pertamina, yakni kesehatan, pemberdayaan ekonomi, lingkungan, dan pendidikan.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 11 Agustus 2020  |  06:10 WIB
Pekerja sedang mengawasi kegiatan di kilang BBM Pertamina Refinery Unit V Balikpapan. PT Pertamina (Persero) sedang mengerjakan proyek refinery development master plan guna meningkatkan kapasitas kilang dari 260.000 barel per hari menjadi 360.000 barel per hari. - JIBI/Syahruddin
Pekerja sedang mengawasi kegiatan di kilang BBM Pertamina Refinery Unit V Balikpapan. PT Pertamina (Persero) sedang mengerjakan proyek refinery development master plan guna meningkatkan kapasitas kilang dari 260.000 barel per hari menjadi 360.000 barel per hari. - JIBI/Syahruddin

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Selain menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) dan non-BBM, Pertamina Refinery Unit V Balikpapan juga memiliki program sebagai tanggung jawab sosial perusahaan.

Pertamina Region Manager Communication & CSR Kalimantan Robeth M.V. Dumatubun mengatakan bahwa ada empat pilar tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR), yakni kesehatan, pemberdayaan ekonomi, lingkungan, dan pendidikan.

“Dari empat pilar ini, kami coba berikan program yang terbaik, bukan saja untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ring satu atau penerima manfaat sekitar Pertamina. Kami juga berperan dalam hak-hak di luar itu,” katanya saat ditemui Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan 2020 di ruangannya, Senin (10/8/2020).

Pertamina RU V

Pertamina Region Manager Communication & CSR Kalimantan Robeth M.V. Dumatubun saat menjelaskan empat pilar CSR Pertamina di Balikpapan, Senin (10/8/2020)./Bisnis-Jaffry P. Prakoso

Robeth menjelaskan bahwa di bidang lingkungan, Pertamina menyediakan alat-alat yang dibutuhkan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Bentuknya seperti menyediakan tempat mencuci tangan dan memberi masker.

Selain itu, perusahaan memberi pendidikan dalam budi daya kepiting soka. Kegiatan itu dinamai Kepiting Patra Bahari Mandiri agar masyarakat setempat didorong bisa meningkatkan ke arah wisata. Dengan begitu juga dapat menggeliatkan ekonomi.

Selanjutnya adalah kreasi berdaya warga lembaga pemasyarakatan (lapas). Tujuannya adalah meningkatkan kualitas individu untuk warga binaan melalui pembekalan keahlian.

Terakhir adalah kampung masker batik. Masyarakat setempat diberi keahlian untuk membuat pelindung hidung dan mulut untuk mencegah penularan Covid-19.

“Ini jadi kreasi dan inisiatif Pertamina dan pelaku UMKM masker batik. Ini kembali lagi untuk peduli kesehatan, tetapi tetap pada pemberdayaan ekonomi,” ucap Robeth.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Infrastruktur Kalimantan
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top