Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BPS Balikpapan Pastikan Sensus Penduduk Rampung Sesuai Jadwal

Data dipastikan lengkap diterima sebagai komitmen dalam menyelesaikan sensus penduduk. 
Muhammad Mutawallie Sya'rawie
Muhammad Mutawallie Sya'rawie - Bisnis.com 30 September 2020  |  18:18 WIB
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Balikpapan Achmad Zaini. - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Balikpapan Achmad Zaini. - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Koordinator Sensus Kecamatan di Balikpapan telah menerima laporan dari 85,85% petugas sensus sebagai bagian dari penyelesaian Sensus Penduduk 2020 yang berakhir pada Rabu (30/09/2020)

Kepala Badan Pusat Statistik Kota Balikpapan Achmad Zaini mengatakan ada beberapa kendala yang dihadapi selama melakukan sensus penduduk sehingga beberapa data masih tertunda hingga hari terakhir. 

“Contohnya dari 1 RT ada 150 KK tapi ada satu keluarga yang tidak ketemu-ketemu mungkin perjalanan dinas atau apa itu yang membuat kendala,” katanya, Selasa (30/09/2020)

Kendati demikian, dia memastikan bahwa 100% data akan diterima sebagai komitmen dalam menyelesaikan sensus penduduk. 

“Sisanya itu bukan berarti belum dicacah datanya ya, tapi yang 14,15% belum diserahkan ke Koseka [Koordinator Sensus Kecamatan] karena beberapa kendala tadi, " ujarnya. 

Zaini menjelaskan satu orang koordinator sensus kecamatan bertanggung jawab atas 17 sampai 20 petugas sensus. Dengan cakupan  wilayah antara 15-20 RT, petugas sensus berkewajiban untuk mencacah data rata-rata sebanyak 650 KK.

Dia juga mengungkapkan beberapa kejadian yang dialami petugas sensus saat mendata penduduk di masyarakat. 

 “Kemarin kami ke Polda untuk melakukan pencacahan tapi karena yang bersangkutan sedang bekerja dan juga alasan Covid jadi data lengkap penghuni diberikan oleh bagian SDM,” tuturnya.

Kasus lain, jelasnya, ada beberapa kawasan Real Estate yang tidak berpenghuni sehingga membuat petugas harus menunggu.

“Kalau sudah begitu kami minta tolong ke security untuk membagikan kuesioner yang dapat mereka isi ketika pulang. Kan kami dikejar waktu juga kalau mau nunggu begitu terus sampai kapan,” katanya

Lebih lanjut, Zaini mengatakan bahwa hal tersebut tidak ada di SOP tetapi merupakan kreativitas dari petugas sensus.h Pihak RT ikut serta membantu dengan membuat pemberitahuan via whatsapp kepada warga, petugas sensus penduduk merasa sangat terbantu karena warga dapat mengenali mereka dengan baik.

“Kadang masih ada yang takut karena merasa pernah ditipu oleh oknum yang datang kerumah tapi kami langsung menjelaskan bahwa kami ini resmi dan ada surat langsung dari Wali Kota. Kebetulan Pak Wali Kota sangat mendukung kegiatan sensus ini,” tutupnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan
Editor : Rachmad Subiyanto
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top