Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jumlah Tabungan di Kaltim Meningkat

Peningkatan penempatan dana pihak ketiga pada perbankan di wilayah Kalimantan Timur ini menandakan bahwa likuiditas perbankan dalam kondisi yang aman.
Muhammad Mutawallie Sya'rawie
Muhammad Mutawallie Sya'rawie - Bisnis.com 11 Oktober 2020  |  13:33 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Timur mencatat Dana Pihak Ketiga (DPK) yang dihimpun di Kalimantan Timur per Agustus 2020 tercatat sebesar Rp105,1 triliun, naik sebesar 9,29 persen secara persen tahunan (year-on-year/yoy), atau 1,61 persen dari total simpanan nasional.

Dari sejumlah tersebut, tabungan mendominasi dengan jumlah Rp45,2 triliun, deposito sebesar Rp36,9 triliun dan giro sebesar Rp23 triliun. Tabungan tercatat naik sebesar 8,95 persen, deposito naik sebesar 9,77 persen dan Giro naik sebesar 9,17 persen secara yoy.

Peningkatan penempatan dana pihak ketiga pada perbankan di wilayah Kalimantan Timur ini menandakan bahwa likuiditas perbankan dalam kondisi yang aman.

Dengan kondisi likuditas yang memadai, diharapkan pada akhirnya dapat meningkatkan penyaluran kredit kepada dunia usaha yang diharapkan dapat meningkatkan ekonomi di Kalimantan Timur pada masa pandemi Covid-19 ini.

Statistik Perbankan Indonesia (SPI) mencatatkan secara nasional untuk nominal simpanan di bawah Rp100 juta terjadi pertumbuhan 1 persen dan untuk simpanan di atas Rp5 miliar pertumbuhannya adalah 4,7 persen secara bulanan (month-to-month/mom).

Sementara itu, untuk pertumbuhan antara jumlah simpanan sendiri pada Agustus 2020 menunjukkan kenaikan pertumbuhan yaitu sebesar 8,0 persen (yoy) dibandingkan tahun 2019 yang hanya 6,5 persen (yoy).

Dalam rincian nominal simpanan bank kategori BUKU I tercatat dengan besaran 1 persen, BUKU II sebesar 13 persen, BUKU III sebesar 28 persen, dan BUKU IV sebesar 58 persen per Agustus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan kaltim
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top