Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ketersediaan Ruang ICU di Balikpapan Berkurang Akibat Lonjakan Kasus Covid-19

Bahkan, ketersediaan tempat tidur yang berkurang di ruang isolasi dan ICU mengakibatkan salah satu rumah sakit terpaksa merawat pasien Covid-19 di lorong.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 13 Januari 2021  |  21:45 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan mencatat ketersediaan ruangan ICU rumah sakit kian berkurang.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan ketersediaan tempat tidur yang berkurang di ruang isolasi dan ICU mengakibatkan salah satu rumah sakit terpaksa merawat pasien Covid-19 di lorong.

"Saat ini kita sudah berkordinasi dengan pihak Rumah Sakit terkait, dan akan kami tindak lanjuti secepatnya", ujarnya, Rabu (13/1/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty menambahkan saat ini beberapa rumah sakit di Kota Balikpapan telah menjalankan arahan dari Kementrian Kesehatan terkait penambahan kapasitas tempat tidur dan ruangan sebanyak 30 persen.

"Ketersediaan tempat tidur pasien Covid-19 di Kota Balikpapan saat ini sebanyak 429 yang sebelumnya sebanyak 333, dan per hari ini sudah terisi sebanyak 393. Untuk di Ruang ICU sudah ada 37 tempat tidur dan tersisa 2 tempat tidur" katanya.

Sementara itu, Rizal yang juga selaku Ketua Satgas Covid-19 Kota Balikpapan mengungkapkan akan segera memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sesuai dengan instruksi Mendagri no 1 tahun 2021.

"Kami mendapat masukan juga dari beberapa pedagang yang meminta pertimbangan dalam penerapan aturan tersebut agar kegiatan ekonomi tidak lumpuh sama sekali," pungkasnya.

Berdasarkan rilis harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan disebutkan bahwa pada Rabu (13/1) kasus terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah sebanyak 121 kasus terkonfirmasi positif, 85 kasus yang menyelesaikan isolasi dan 1 kasus yang meninggal dunia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top