Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penularan Covid 19 di Kaltim Masih Tinggi, 10 Kabupaten/Kota Berstatus Zona Merah

Kabupaten dan kota dengan populasi penduduk tinggi masih mendominasi kontribusi jumlah terkonfirmasi Covid-19 di Kaltim yaitu, Kota Balikpapan dengan jumlah terkonfirmasi 9.360 kasus, diikuti oleh Kota Samarinda sebanyak 8.379 kasus dan Kabupaten Kutai Kartanegara 6.852 kasus.
Ilustrasi virus corona/istimewa
Ilustrasi virus corona/istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kalimantan Timur menyatakan angka penularan Covid-19 masih tinggi di Kaltim.

Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Padilah Mante Runa menyatakan penularan Covid-19 terjadi hampir merata di seluruh kabupaten/kota. 

"Kita harus meningkatkan kewaspadaan dan jangan lengah, tetap jalankan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menghindari kerumunan. Sehingga kita bersama bisa memutus rantai penularan Covid-19 yang masih sangat tinggi setiap harinya di Kaltim," ujarnya dikutip dari Humas Kaltim, Kamis (28/1/2021).

Selain itu, 10 kabupaten/kota di Kaltim masih menjadi zona merah, dengan kasus terkonfirmasi positif yang bervariasi di tiap daerah.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh (Satgas) Penanganan Covid-19 Kaltim, per 28 Januari 2021, jumlah terkonfirmasi Covid-19 bertambah 459 kasus, dengan total kumulatif menjadi 39.186 kasus sejak Maret 2020.

Secara rinci, 459 kasus tersebut berasal dari Kabupaten Berau sebanyak 45 kasus, Kabupaten Kutai Barat 23 kasus, Kabupaten Kutai Kartanegara 62 kasus, Kabupaten Kutai Timur 44 kasus, Kabupaten Paser 8 kasus, Kabupaten Penajam Paser Utara 13 kasus, Kota Bontang 44 kasus, Kota Balikpapan 164 kasus dan Kota Samarinda 56 kasus.

Kemudian, kabupaten dan kota dengan populasi penduduk tinggi masih mendominasi kontribusi jumlah terkonfirmasi Covid-19 di Kaltim yaitu, Kota Balikpapan dengan jumlah terkonfirmasi 9.360 kasus, diikuti oleh Kota Samarinda sebanyak 8.379 kasus dan Kabupaten Kutai Kartanegara 6.852 kasus.

Adapun, jumlah pasien sembuh sebanyak 397 kasus dengan angka kesembuhan berada di 79,5 persen, sehingga secara kumulatif menjadi 31.141 kasus.

Dimana, sebaran kasus sembuh berasal dari Kabupaten Berau sebanyak 32 kasus, Kabupaten Kutai Barat 1 kasus, Kabupaten Kutai Kartanegara 48 kasus, Kabupaten Kutai Timur 32 kasus, Kabupaten Paser 28 kasus, Kabupaten Penajam Paser Utara 36 kasus, Kota Balikpapan 130 kasus, Kota Bontang 37 kasus dan Kota Samarinda 53 kasus.

Untuk pasien yang meninggal dunia hari ini bertambah 6 kasus, sehingga total menjadi 968 kasus. Sementara pasien yang masih di rawat sebanyak 7.077 kasus.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper