Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ayo Daftar! Pupuk Kaltim Buka Beasiswa PKTPP 2021 Tingkat Perguruan Tinggi

Program beasiswa penuh yang telah berjalan sejak 2008 ini, tengah dalam proses penjaringan calon peserta berprestasi dari seluruh SMA/SMK Sederajat di Kota Bontang.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 08 Maret 2021  |  07:15 WIB
Pupuk Kaltim kembali membuka program Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan (PKTPP) Tahun 2021, untuk tingkat Perguruan Tinggi bagi siswa-siswi Bontang berprestasi dari keluarga kurang mampu secara finansial. - JIBI/Istimewa
Pupuk Kaltim kembali membuka program Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan (PKTPP) Tahun 2021, untuk tingkat Perguruan Tinggi bagi siswa-siswi Bontang berprestasi dari keluarga kurang mampu secara finansial. - JIBI/Istimewa

Bisnis.com. BONTANG—Pupuk Kaltim kembali membuka program Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan (PKTPP) Tahun 2021, untuk tingkat Perguruan Tinggi bagi siswa-siswi Bontang berprestasi dari keluarga kurang mampu secara finansial. Program beasiswa penuh yang telah berjalan sejak 2008 ini, tengah dalam proses penjaringan calon peserta berprestasi dari seluruh SMA/SMK Sederajat di Kota Bontang. 

Tim Seleksi Beasiswa PKTPP 2021 Nikita Adriyani mengungkapkan pendaftaran calon peserta bisa diakses secara online sebagai bentuk keterbukaan Pupuk Kaltim terhadap program, sehingga dapat menjangkau siapapun selama memenuhi persyaratan. Para pendaftar wajib memenuhi sejumlah persyaratan, diantaranya berdomisili di Kota Bontang dibuktikan Scan KTP dan KK asli, lulusan SMA/SMK/MA sederajat tahun 2021 di Bontang, dibuktikan dengan surat keterangan lulus. 

Selanjutnya pendaftar berasal dari keluarga kurang mampu, dibuktikan dengan surat keterangan kurang mampu dari Kelurahan, serta mengisi formulir pendaftaran online beasiswa PKTPP yang bisa diakses melalui tautan www.pupukkaltim.com/pktdaftaruniv. 

“Untuk kelengkapan berkas dan tahapan seleksi, bisa diakses lebih lanjut melalui link pendaftaran hingga 9 Maret 2021,” ujar Nikita. 

Tahun ini Pupuk Kaltim fasilitasi penerima beasiswa PKTPP di 10 Universitas ternama di tanah air, diantaranya Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS Surabaya), Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Selama menempuh perkuliahan, seluruh biaya akan ditanggung penuh Pupuk Kaltim, mulai pendaftaran masuk perguruan tinggi, Uang Kuliah Tunggal (UKT) maksimal 9 semester, biaya transportasi (Pergi dan Pulang/PP) atau akomodasi berangkat pulang, serta biaya hidup berupa uang saku, uang transportasi dan pemondokan. “Calon peserta yang lolos seleksi juga akan difasilitasi Bimbingan Belajar (Bimbel) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN),” tambah Nikita. 

VP CSR Pupuk Kaltim Anggono Wijaya mengatakan beasiswa PKTPP merupakan program tahunan Pupuk Kaltim yang dilaksanakan berkelanjutan, sebagai bentuk perhatian dan kontribusi Perusahaan dalam meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat Bontang. 

Pendidikan merupakan salah satu pondasi peningkatan kesejahteraan masyarakat, karena dengan taraf pendidikan yang mumpuni akan mampu mendorong kesejahteraan masyarakat, melalui kecakapan dan kompetensi berbagai bidang ilmu pada jenjang Strata 1. “Selama 13 tahun berjalan, penerima beasiswa PKTPP telah mencapai 178 orang dan saat ini telah bekerja di berbagai bidang sesuai terapan ilmu masing-masing,” terang Anggono. 

Program ini merupakan wujud sinergi sumber daya Perusahaan, masyarakat dan pemerintah dalam menciptakan harmonisasi, sekaligus mendukung misi Pemkot Bontang mewujudkan program Smart City. Dari program ini diharap masyarakat Bontang lebih berdaya saing, serta memiliki peluang yang sama pada tataran profesional dalam menggapai masa depan. “Selain tingkat Perguruan Tinggi, juga telah dibuka beasiswa PKTPP untuk jenjang SD hingga SMA, yang akan difasilitasi di Yayasan Pupuk Kaltim (YPK). Saat ini prosesnya sudah tahap sosialisasi,” tambah Anggono. 

Dirinya berharap calon peserta yang nantinya dinyatakan lolos sebagai penerima beasiswa PKTPP, dapat memanfaatkan kesempatan secara maksimal, serta mampu menyelesaikan pendidikan sesuai target yang ditetapkan. Begitu pula ke depannya, program PKTPP akan terus digelar Pupuk Kaltim dalam mendukung peningkatan SDM Bontang yang berkualitas. “Kami mengimbau calon peserta yang nantinya dinyatakan lolos, bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, sehingga bisa lulus tepat waktu sesuai target,” pungkas Anggono.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top