Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Go-Jek Siap Integrasikan UMKM di Kaltim Secara Global

Kebetulan juga kegiatan yang kita lakukan ini mendapat apresiasi pemerintah daerah setempat dan beberapa kegiatan inisiatif tersebut kini dilihat dari sudut pandang [pemerintah] Provinsi Kaltim.
Pengemudi Ojek Online membeli pesanan makanan yang diorder dari aplikasi di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P
Pengemudi Ojek Online membeli pesanan makanan yang diorder dari aplikasi di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, SAMARINDA – Penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi, Go-Jek menyatakan kesiapan diri untuk mengintegrasikan pekerja informal di Kaltim secara global.

Head Of Regional Corporate Communications East Indonesia Mulawarman mengatakan pihaknya memang bergerak untuk memberikan dampak sosial kepada pekerja di sektor informal khususnya Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM).

“Kebetulan juga kegiatan yang kita lakukan ini mendapat apresiasi pemerintah daerah setempat dan beberapa kegiatan inisiatif tersebut kini dilihat dari sudut pandang [pemerintah] Provinsi Kaltim,” ujarnya kepada Bisnis, beberapa waktu lalu.

Dia menuturkan bahwa pihaknya juga siap memudahkan pekerjaan pemerintah dengan teknologi yang dimiliki dan menjadi super app yang benar-benar membantu pemerintah.

“Kami akan menyiapkan platform UMKM yang terintegrasi secara global,” tuturnya.

Dia mencontohkan, keterlibatan Go-food dengan UMKM di bidang kuliner bukan lagi sekadar layanan pesan antar, tetapi juga menjadi barometer tren kuliner karena masyarakat melihat Go-food sebagai acuan.

“Kita juga tiap tahun mengeluarkan indeks atau tren kuliner dan memiliki katalog kuliner terbesar di Asia Tenggara sejak beberapa tahun terakhir,” katanya.

Selain itu, dia menyebutkan bahwa para pengguna Go-jek ketika membuka layanan Go-food akan mendapatkan rekomendasi kuliner terdekat atau best seller sehingga secara langsung membantu UMKM.

“Kami akan menjadi aplikasi yang bisa diandalkan untuk semua,” sebutnya.

Mulawarman menjelaskan beberapa sektor yang bisa mendukung kinerja pemerintah antara lain transportasi yang terintegrasi, koperasi dan UMKM, pemberdayaan wanita dan program lainnya.

“Setelah ada MoU baru nanti kita sampaikan lagi,” jelasnya.

Selain itu, Mulawarman mengakui pihaknya juga menjalin MoU dengan beberapa kota untuk wilayah Kalimantan. Khusus Kota Balikpapan, bersama Dinas Koperasi Dan UMKM menargetkan terciptanya wirausahawan baru dari tahun ke tahun.

“Kita bantu pemerintah dengan program ‘Gojek Wirausaha’, dimana kami berikan kurikulum dan pelatihan komprehensif samapai mereka benar-benar jadi UMKM,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper