Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tunanetra di Kalimantan Selatan Dapat Bantuan Rumah Khusus

Kementerian PUPR menyelesaikan pembangunan 15 unit rumah untuk tunanetra di Kalimantan Selatan. Konstruksi 15 unit rusus dengan tipe 28 itu menggunakan dana APBN senilai Rp2,13 miliar.
Ilustrasi rRumah khusus yang dibangun Kementerian PUPR./PPDPP.id
Ilustrasi rRumah khusus yang dibangun Kementerian PUPR./PPDPP.id

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumaham Rakyat (PUPR) menuntaskan pembangunan 15 unit rumah khusus bagi para tunanetra di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Direktur Rumah Khusus Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Yusniewati mengatakan pembangunan rusus tersebut dibangun oleh Satuan Kerja (Satker) Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Selatan.

“Kami telah menyelesaikan pembangunan 15 unit rumah khusus untuk para penyandang disabilitas tunanetra di Kalsel dengan tipe 28," ujarnya melalui keterangan tertulis pada Rabu (24/3/2021).

Konstruksi 15 unit rusus dengan tipe 28 tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2020 senilai Rp2,13 miliar.

Pembangunan rumah khusus tersebut dilakukan oleh kontraktor pelaksana PT Tapak Langkah Mandiri dan Konsultan Supervisi CV Indisign Consulindo.

Menurut Yusniewati, rusus difabel ini memiliki spesifikasi mumpuni mulai dari jaringan listrik, Prasarana, Sarana, dan Utilitas Umum (PSU), dan sarana air bersih penyediaan daerah air minum (PDAM).

Selain itu, dilengkapi dengan guiding block (jalan pemandu) bagi para tunanetra yang menghuni rusus tersebut.

Untuk ke depan, kata Yusniewati, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR juga berencana membangun rusus difabel di Jalan Trikora, Kelurahan Guntung Manggis, Kota Banjarbaru, sebanyak 13 unit.

"Kami harap bantuan ini dapat memberikan manfaat bagi para penyandang disabilitas, ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah berjanji memelihara rumah khusus ini agar tetap terlihat bagus dan nyaman untuk ditempati.

Rumah ini segera ditempati bagi para tunanetra yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Banjarbaru dan terdaftar di anggota Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper