Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gas LPG 3 Kg, Kalimantan Tambah Pasokan

Pada Ramadan 2021 ini, Pertamina menyiapkan untuk Kalimantan 403.082 tabung LPG 3 kilogram per hari melalui 298 agen PSO dan 12.160 pangkalan resmi
Proses pengisian gas LPG kedalam tabung 3 Kg./Istimewa
Proses pengisian gas LPG kedalam tabung 3 Kg./Istimewa

Bisnis.com, SAMARINDA — PT Pertamina (persero) memastikan pasokan LPG 3 kilogram untuk wilayah Kalimantan masih mencukupi.

Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI, Susanto August Satria menyebutkan pihaknya melakukan penambahan stok sebanyak 4,6 persen dari alokasi kebutuhan normal per bulan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadan 1442 H di Kalimantan.

Pertamina MOR VI berkantor pusat di Balikpapan dan memiliki wilayah operasi pulau Kalimatan.

“Secara volume awal Ramadan tahun 2021 ada penambahan sebesar 511.160 tabung. Jika dalam pelaksanaannya masih diperlukan adanya penambahan tentu akan kami penuhi jika memang sesuai dengan peruntukannya,” ujarnya, Kamis (15/4/2021).

Satria melanjutkan, rata-rata konsumsi LPG 3 Kg di wilayah Kalimantan sepanjang Januari hingga awal April 2021 adalah sekitar 385.356 tabung per hari.

Dimana, dengan antisipasi peningkatan sebesar 4,6 persen, maka pada bulan Ramadan ini volume yang disiapkan Pertamina untuk Kalimantan mencapai 403.082 tabung per hari melalui 298 agen PSO dan 12.160 pangkalan resmi Pertamina yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan.

Satria menjelaskan Kalimantan Timur mendapatkan penambahan alokasi sebanyak 2,8 persen atau 88.080 tabung dari alokasi normal bulanan menjadi 3.202.924 tabung pada awal ramadan tahun ini.

"Untuk mendapatkan harga sesuai HET, masyarakat dapat membeli LPG di pangkalan resmi yang dapat dikenali masyarakat dari papan nama atau spanduk yang terpasang di areal pangkalan. Selain itu, masyarakat juga dapat membeli di SPBU dan modern outlet yang menyediakan produk LPG," jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa tidak hanya antisipasi peningkatan kebutuhan di LPG 3 Kg, Pertamina juga menyiapkan antisipasi peningkatan kebutuhan LPG Non Subsidi (Bright Gas 5.5 Kg, Bright Gas 12 Kg, dan LPG 12 Kg) di Kalimantan sebesar 2,8 persen dari kebutuhan normal (363 MT/Hari)

Adapun, Satria menuturkan bahwa dengan adanya wabah Covid19 saat ini, masyarakat diberikan kemudahan untuk mendapatkan tabung isi ulang LPG dan tidak perlu keluar rumah dengan menghubungi call center Pertamina.

“Dengan antisipasi ini kami harapkan masyarakat dapat menjalani ibadah puasa dengan nyaman dan tetap membeli kebutuhan LPG sesuai kebutuhan dan peruntukannya baik untuk LPG subsidi maupun non subsidi,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper