Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cegah Covid-19 di Desa, Pemprov Kalsel Alokasikan Rp81 Miliar

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalsel Zulkifli menyatakan sebanyak 11 kabupaten/kota telah membentuk tim relawan desa lawan Covid-19 yang tersebar di 867 desa.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 30 April 2021  |  21:35 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Pemprov Kalsel mengalokasikan dana desa mencapai Rp81 miliar untuk penanggulangan Covid-19.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalsel Zulkifli menyatakan sebanyak 11 kabupaten/kota telah membentuk tim relawan desa lawan Covid-19 yang tersebar di 867 desa.

“Sehingga desa itu bisa menjadi ujung tombak untuk berperan dalam penanggulangan Covid-19,” ujarnya dikutip dari Media Center Kalsel, Jum'at (30/4/2021).

Dia menjelaskan kegiatan tersebut sesuai instruksi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No 1/2021 tentang Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 dalam Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro di Desa.

“Beberapa kegiatan yang dilakukan tim relawan desa lawan Covid-19 di antaranya pengoperasian pos jaga gerbang desa yang telah aktif di 331 desa, penyediaan tempat isolasi 116 desa, tempat tidur di ruang isolasi 104 unit, sosialisasi hidup sehat atau lawan Covid-19 yang telah dilakukan di 547 desa, penyediaan tempat cuci tangan di tempat publik di 616 desa,” jelasnya.

Adapun, tim relawan desa juga membantu pelaksanaan testing, tracing, treatment (3T), serta melakukan monitoring dan evaluasi rutin untuk disampaikan ke Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

“Ada 524 desa telah melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan, pendataan pemudik atau pendatang sebanyak 593 orang dan ada empat TKI yang datang,” pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top