Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketapang Kekurangan Stok Telur Ayam

Stok telur ayam konsumsi di Ketapang saat ini sebaliknya yakni mengalami kekurangan sekira 1.816 Kg. Lantaran stok yang tersedia hanya 181.614 Kg sedangkan kebutuhan diperkirakan sebanyak 183.430 Kg.
Ilustrasi./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti
Ilustrasi./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, KETAPANG - Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (Distanakbun) Ketapang Sikat Gudag mengatakan stok dan harga sapi potong di Ketapang aman dan stabil menjelang Lebaran Idul Fitri 2021.

"Stok dan harga sapi potong di Ketapang aman dan stabil menjelang Lebaran Idul Fitri 2021," kata dia di Ketapang, Selasa (11/5/2021) sore.

Bahkan menurutnya untuk sapi potong saat ini masih lebih sekira 124 ekor. Lantaran stok yang ada saat ini ada 457 ekor sedangkan kebutuhan hanya 333 ekor. Berat satu ekor sapi potong itu berkisar 112 Kg. Harga satu kilogram (Kg) juga berkisar antara Rp130.000 hingga Rp140.000.

Kasi Perbenihan dan Produksi Bidang Peternakan Distanakbun Ketapang Ismanto.menjelaskan bahwa harga daging sapi Rp140.000 baru-baru saja. "Naik mendekati Lebaran ini. Kalau kemarin rata-rata Rp130.000," ungkap Ismanto.

Selain sapi potong, stok ayam broiler di Ketapang menurutnya diperkirakan lebih sebanyak 16.891 ekor. Lantaran stok yang ada saat ini sekira 380.102 ekor sedangkan kebutuhannya sekira 363.211 ekor. Beratnya rata-rata terhadap satu ekor ayam yakni 1,8 Kg.

Harganya pun rata-rata Rp45.000 perkilo naik dibanding sebelumnya Rp35.000. "Ini harga daging ayam yang dijual sudah bersih. Kalau masih ada bulunya apa harganya lebih murah lagi," jelasnya.

Ia menambahkan sedangkan untuk stok telur ayam konsumsi di Ketapang saat ini sebaliknya yakni mengalami kekurangan sekira 1.816 Kg. Lantaran stok yang tersedia hanya 181.614 Kg sedangkan kebutuhan diperkirakan sebanyak 183.430 Kg.

Menurutnya terhadap kekurangan stok telur ayam tersebut. Oleh Pemerintah Kabupaten Ketapang sudah ditambah dan sedang didatangkan dari Kota Pontianak dan Kota Singkawang. Ia menegaskan meski ada kenaikan harga stok tetap diperkirakan kurang.

Namun hingga saat ini kondisi di pasar Ketapang biasa-biasa tak ada gejolak. "Mungkin masyarakat menilai kenaikan harga sedikit menjelang Lebaran seperti sekarang ini masih wajar. Hingga saat ini Ketapang masih aman dan kondusif. Serta tak ada gejolak mengenai kebutuhan pokok meski Lebaran sudah sangat dekat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper