Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Blankspot Benua Etam Mencapai 15,61 Persen

Itu merupakan update data terbaru dengan sumber data berasal dari masing-masing kabupaten dan kota yang ada di Benua Etam.
Ilustrasi peningkatan infrastruktur telekomunikasi./Ist
Ilustrasi peningkatan infrastruktur telekomunikasi./Ist

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalimantan Timur (Kaltim) mencatat sebanyak 15,61 persen daerah masih mengalami blankspot.

Kepala Dinas Kominfo Kaltim Muhammad Faisal menyatakan hal tersebut merupakan update data terbaru dengan sumber data berasal dari masing-masing kabupaten dan kota yang ada di Benua Etam.

“Hasil rekap kami dari total 1.038 Desa dan Kelurahan yang ada di Kaltim masih terdapat 162 yang masih blankspot," ujarnya, Selasa (18/5/2021).

Dia melanjutkan, terdapat tiga kota yang sudah bebas blankspot, yakni Kota Samarinda, Balikpapan dan Bontang, sedangkan tujuh kabupaten lainnya yang tersebar di 162 desa masih mengalami bahkan ada pula yang hanya bisa menerima jaringan 2G saja.

“Sementara ini daerah yang bisa menerima 2G kita anggap ada jaringan telekomunikasi bukan blankspot namun dengan catatan untuk bisa ditingkatkan minimal 3G,” katanya.

Dia menjelaskan pihaknya telah menerima perintah dari Gubernur Kaltim melalui Biro Infrastruktur untuk mendata daerah blankspot di Kaltim dan membuat solusi terbaik yang cepat untuk mengatasi hal tersebut.

“Kami akan segera menindak lanjuti dan berkoordinasi perihal ini, karena memang masalah ini tidak bisa diselesaikan sendiri, harus duduk bersama antara Pemprov, Pemkab, Provider, Masyarakat, Akademisi termasuk juga Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementrian Kominfo,” jelasnya.

Adapun, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan membuktikan dengan serius hal tersebut, di mana Gubernur Kaltim akan langsung membawa surat perihal ini ke Menteri Kominfo di Jakarta dalam waktu dekat ini,

“Bapak Gubernur langsung yang akan mengahadap Bapak Menteri Kominfo," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper