Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ramai Kunjungan, Pengelola Bukit Kebo Imbau Masyarakat Agar Taat Aturan

Pemilik Peternakan Kerbau Seber Kombong menyampaikan kepada pengunjung untuk menggunakan masker dan menaati protokol kesehatan serta membawa sampah masing-masing.
Akses jalan menuju kawasan Bukit Kebo yang viral di Balikpapan./Bisnis-Muhammad Mutawallie Sya'rawie
Akses jalan menuju kawasan Bukit Kebo yang viral di Balikpapan./Bisnis-Muhammad Mutawallie Sya'rawie

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Lahan rumput hijau berbukit yang digunakan sebagai peternakan kerbau di Balikpapan, Kalimantan Timur, menjadi destinasi baru bagi masyarakat yang ingin melepas rasa penat di alam terbuka.

Pihak pengelola mengingatkan setiap pengunjung agar mematuhi aturan yang berlaku.

Pemilik Peternakan Kerbau Seber Kombong menyampaikan kepada pengunjung untuk menggunakan masker dan menaati protokol kesehatan serta tidak membuah sampah masing-masing.

“Saya juga wanti-wanti kalau ada teguran dari pemerintah. Tapi ya saya lihat murni di sini kan untuk datang orang-orang foto-foto dan berjemur, kecuali kalau kita siapkan tempat untuk berkerumun,” ujarnya, Senin (9/8/2021).

Dia mengungkapkan bahwa tidak dapat menolak masyarakat yang ingin berkunjung ke peternakannya selain mengingatkan untuk menjaga lingkungan sekitar.

“Saya memang tidak menyangka dan kaget [akan ramai]. Saya beritahu ini kalian jaga jangan sampai bakar-bakar, jaga diri sama sama kan biasa muda mudi nya jangan sampai ada masalah. Silakan [beraktivitas] yang penting jaga keamanan, ketertiban, dan kebersihan,” ungkapnya.

Dia menuturkan bahwa pengunjung sudah tiba di lokasi sejak pukul 7 pagi, bahkan beberapa sengaja mendirikan tenda sejak malam hari untuk berkemah.

“Saya [juga] tanya teman-teman lain yang datang, katanya kita ke sini rekreasi foto-foto sama berjemur,” ungkapnya.

Kendati demikian, dia turut menyayangkan kualitas rumput yang menurun sehingga khawatir ternaknya kesulitan mencari makan.

“Pasti mati [rumputnya]. Cuma ya saya biarkan mereka (pengunjung) untuk berjemur, yang penting sehat,” katanya.

Salah seorang pengunjung, Ratih, bahkan tidak ragu untuk mengajak keluarga dengan melakukan persiapan sejak malam sebelumnya. “Ke sini alasannya karena butuh tempat hiburan yang berbau alam sih kalau aku. Karena kalau ke mall kan saat ini juga lagi pandemi, terus pantai-pantai juga lagi tutup,” kata Ratih saat mengunjungi Bukit Kebo bersama suami dan anak-anaknya.

Dia mengungkapkan bahwa mengetahui tempat tersebut karena viral dari media sosial Instagram yang mendapat postingan ulang dari sejumlah warganet.

“Kalau aku lihat sih emang orang-orang Balikpapan itu emang haus tempat hiburan yang berbau alam gitu. Ini tuh di alam terbuka jadi berjemur sekalian menambah imun,” pungkasnya.

Menurut pantauan Bisnis, tidak kurang sebanyak 150 orang yang berkunjung dengan segala aktivitas seperti, berfoto, sekadar berjalan, berjemur bahkan ada pula yang mendirikan tenda untuk berkemah di atas lahan dengan luas mencapai sembilan hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper