Usung Sharia First Di Milad ke - 17, Bank Kalsel Syariah Siap Jadi Pilihan Utama Masyarakat Kalsel

Perayaan ulang tahun Bank Kalsel Syariah tahun ini mengusung tema ‘SHARIA FIRST’
Foto: dok. Bank Kalsel
Foto: dok. Bank Kalsel

Bisnis.com, BANJARMASIN– Tepat 13 Agustus 2021, Bank Kalsel Syariah dengan bentuk Unit Usaha Syariah resmi berusia 17 tahun. Angka 17 bisa dibilang muda dalam rentang usia bisnis perbankan, namun dalam rentang usia perkembangan hidup manusia, angka tersebut sebagai titik menuju kedewasaan yang ditandai dengan berbagai perkembangan kemampuan kognisi.

Mulai berpikir kritis dan kreatif, telah menetapkan tujuan untuk masa depan yang lebih baik dan realistis, mengambil tindakan yang lebih mandiri dan berani mengambil tantangan serta mencoba kuat dengan tantangan di sekitar, merupakan indikasi berkembangnya kedewasaan.

Mengusung tema ‘SHARIA FIRST’, FIRST merupakan singkatan dari beberapa nilai yakni Fast (Cepat), Incredible (Menakjubkan), Reliable (Dapat Diandalkan), Sustainable (Berkelanjutan) dan Trust (Kepercayaan). Atas semangat yang diwakili oleh nilai -nilai tersebut, Bank Kalsel Syariah memperingati milad di usia penuh semangat ini untuk melangkah lebih baik, menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan syariah di Kalimantan Selatan.

Usung Sharia First Di Milad ke - 17, Bank Kalsel Syariah Siap Jadi Pilihan Utama Masyarakat Kalsel

Foto: dok. Bank Kalsel

Cita – cita Bank Kalsel Syariah tersebut bukan tanpa alasan dengan melihat antusiasme masyarakat Indonesia khususnya Kalimantan Selatan yang cukup besar terhadap ekonomi syariah. Berdasarkan catatan Bank Indonesia (BI) terhadap kinerja ekonomi syariah, secara umum lebih baik dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2020, dimana ekonomi syariah pada tahun 2020 tumbuh negatif 1,72% (yoy).

Meski negatif, perkembangannya lebih baik dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun lalu yang tumbuh minus 2,07% (yoy).

“Bank Kalsel Syariah pun mencatatkan pertumbuhan positif di triwulan II tahun 2021 ini meskipun di tengah pandemi Covid-19. Aset berhasil dibukukan sebesar Rp2,12 triliun atau tumbuh sebesar 18,72% (yoy). Pembiayaan tumbuh sebesar 18,22% menjadi sebesar Rp1,14 triliun (yoy), Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh sebesar 6,42% menjadi sebesar Rp1,29 triliun (yoy) sedangkan Laba berhasil tumbuh sebesar 42,68% atau menjadi sebesar Rp18,14 miliar (yoy),” tutur IGK Prasetya selaku Plt. Direktur Utama Bank Kalsel

Peningkatan kinerja tersebut dimotivasi oleh persiapan Bank Kalsel Syariah untuk melakukan spin off serta menghadapi era Society 5.0 yang membawa budaya digitalisasi tidak terkecuali dunia perbankan. Hal ini tergambar melalui logo milad ke – 17 ini dengan filosofi yaitu angka 1 yang tegas dan terpisah dari angka 7 mengilustrasikan kesiapan spin off di tahun 2023.

Kemudian corak yang berlapis – lapis pada angka 7 melambangkan akselerasi bank untuk bisa sejajar dengan bank swasta nasional. Ditambahkan elemen pattern digital dan ikon lingkaran speedometer pada angka 1 digambarkan sebagai kesiapan spin off syariah yang bergerak cepat diiringi dengan pengimplementasian sistem digital.

Usung Sharia First Di Milad ke - 17, Bank Kalsel Syariah Siap Jadi Pilihan Utama Masyarakat Kalsel

Foto: dok. Bank Kalsel

Dengan warna biru yang melambangkan rasa aman dan menimbulkan kepercayaan dan warna hijau yang memberi nuansa iklim usaha yang kondusif dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Selatan.

“Dengan tema dan filosofi pada logo milad ini diharapkan Bank Kalsel Syariah bisa memberikan kemaslahatan di banua tercinta ini dengan produk dan layanan yang memberikan nilai tambah dalam transaksi keuangan syariah sehari – hari,” harap Prasetya.

Segenap manajemen optimis untuk mempertahankan kinerja positif ini sampai akhir tahun 2021. Optimisme ini dibarengi dengan strategi utama Bank Kalsel Syariah yakni pengembangan teknologi dan informasi (TI) dan pengembangan human capital.

Kedua hal tersebut juga diiringi dengan peningkatan ekspansi pembiayaan baik produktif maupun konsumtif unggulan seperti Pembiayaan Pemilikan Rumah (PPR) Sejahtera FLPP, peningkatan dan pengembangan keberagaman produk dan layanan syariah, serta pengimplementasian sistem digitalisasi melalui pembaharuan corebanking system yang akan launching tahun ini.

Acara peringatan yang diselenggarakan pada hari ini dilaksanakan secara sederhana dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Covid 19.

Selain syukuran, juga dilakukan penarikan Undian Berkah Syariah yang menyuguhkan hadiah berupa 5 (lima) paket umroh bagi nasabah Bank Kalsel Syariah yang beruntung. Pengundian tersebut secara bergantian dilakukan oleh Plt. Direktur Utama, Direktur Operasional, Dewan Pengawas Syariah serta Head Of Business Group. Pada acara ini juga diselingi dengan pemberian santunan kepada panti asuhan dan rumah tahfidz Al – Quran (13/8).

“Kami memaknai bertambahnya usia ini sebagai meningkatnya kedewasaan dan juga tidak lupa untuk berbagi kepada yang membutuhkan. Semoga kedepan, Bank Kalsel Syariah semakin maju, senantiasa exist dan tetap survive dalam menghadapi tantangan di masa akan datang,” pungkas Prasetya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper