Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkab Paser Fokus Kembangkan Wisata Gunung Embun, Kucuri Rp414 Juta Tahun Ini

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Paser Muksin menyatakan dalam jangka pendek pihaknya akan fokus mengembangkan kawasan wisata Gunung Embun dan ditargetkan selesai tahun 2022.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 26 Oktober 2021  |  12:47 WIB
Gunung Embun di pagi hari. - Bisnis Indonesia/Muhammad Mutawallie Sya'rawie
Gunung Embun di pagi hari. - Bisnis Indonesia/Muhammad Mutawallie Sya\'rawie

Bisnis.com, SAMARINDA – Pemerintah Kabupaten Paser fokus mengembangkan kawasan wisata Gunung Embun dengan alokasi dana Rp414 juta.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Paser Muksin menyatakan dalam jangka pendek pihaknya akan fokus mengembangkan kawasan wisata Gunung Embun dan ditargetkan selesai tahun 2022.

“Jadi mulai anggaran perubahan (APBD) ini sudah kita anggarkan belas juta Rp414 juta. Untuk landasan paralayang, kemudian paving blok, kemudian jalan lingkungan, dan juga musala,” ujarnya, Selasa (26/10/2021).

Dia menambahkan, Pemkab Paser juga menganggarkan Rp2,5 miliar untuk pembangunan gazebo, dan berbagai fasilitas lainnya di kawasan Gunung Embun.

“Untuk melengkapi sarana prasarana sehingga bisa menjadi kawasan para pariwisata yang representatif,” katanya.

Muksin menjelaskan, saat ini pihaknya berfokus pada empat kawasan strategis pariwisata  yang ada di Paser, di mana Gunung Embun menjadi yang pertama akan bangun secara penuh.

“Karena potensi wisata Gunung Embun ini betul-betul besar, nanti akan dijadikan potensi pariwisata andalan di Kabupaten Paser,” jelasnya.

Adapun, dia menuturkan bahwa pihaknya akan bersinergi dengan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) terkait pengelolaan Gunung Embun.

“Nanti kita akan berbagi tugas ada yang ditangani oleh kelompok sadar wisata yang ditangani oleh pemerintah daerah. Kemudian, nanti ada yang menjadi pendapatan asli daerah, ada menjadi pendapatan asli desa,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pembangunan amenitas Gunung Embun Desa Luan Kecamatan Muara Samu Kabupaten Paser tersebut menghabiskan dana Rp414 juta dengan masa pelaksanaan 90 hari sejak 30 September 2021. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top