Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Transaksi Uang Elektornik di Kaltim Capai 75,57 Persen di Kuartal III/2021

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur Tutuk SH Cahyono menyatakan volume transaksi UE pada kuartal III/2021 tercatat sebesar 7,27 juta transaksi atau terus meningkat dibandingkan kuartal sebelumnya.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 30 November 2021  |  20:31 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN –- Bank Indonesia mencatat transaksi uang elektronik di Kalimantan Timur kembali meningkat yaitu sebesar 75,57 persen (yoy) selama kuartal III/2021.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur Tutuk SH Cahyono menyatakan volume transaksi UE pada kuartal III/2021 tercatat sebesar 7,27 juta transaksi atau terus meningkat dibandingkan kuartal sebelumnya.

"Transaksi ritel Uang Elektronik (UE) terus mengalami peningkatan seiring dengan gencarnya kampanye elektronifikasi di Kaltim," ujarnya, Selasa (30/11/2021).

Dari segi nominal, Tutuk menyebutkan transaksi uang elektronik juga mengalami peningkatan dengan tercatat sebesar Rp 766,89 miliar atau tumbuh sebesar 85,18 persen.

Selain itu, peningkatan juga terjadi pada kepemilikan akun UE di masyarakat yang terus mengalami peningkatan dan mencapai puncak tertingginya pada kuartal III/2021 yaitu sebesar 2,9 juta akun UE atau tumbuh sebesar 95,27 persen (yoy).

Kemudian, peningkatan transaksi menggunakan UE juga diikuti dengan tingginya transaksi masyarakat melalui e-commerce.

Berdasarkan data Bank Indonesia Kaltim, volume transaksi e-commerce di Kaltim sebanyak 5,1 juta transaksi, meningkat dibandingkan kuartal sebelumnya yang tercatat sebanyak 4,8 juta transaksi.

Peningkatan juga terjadi pada nominal transaksi e-commerce yang tercatat sebesar Rp1,20 triliun pada kuartal III/2021.

Adapun, Tutuk menuturkan bahwa apabila dilihat dari pangsa jenis produk yang dibeli, transaksi e-commerce oleh masyarakat Kaltim didominasi oleh transaksi produk elektronik sebesar 27% dari total nominal transaksi.

“Transaksi terbanyak selanjutnya berasal dari produk fashion serta kebutuhan rumah tangga dan kantor, dengan pangsa masing-masing sebesar 24% dan 21%,” pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia kaltim
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top