Bank Indonesia Balikpapan Gelar Penganugerahan Gerakan Wanita Matilda Tahun 2021

Gelaran ini diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 8 Desember 2021 di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan.
Foto: dok. Bank Indonesia
Foto: dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Sebagai rangkaian penutup dari Program Gerakan Wanita Matilda (GWM) Tahun 2021, Bank Indonesia Balikpapan menyelenggarakan Penganugerahan GWM.

Acara ini diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 8 Desember 2021, bertempat di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan dan dibuka oleh Ketua TP PKK Kota Balikpapan, Ibu Hj Nurlena Rahmad Mas’ud serta dihadiri oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Ratna Wardaningsih, Perwakilan dari Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan, Camat se Kota Balikpapan serta perwakilan TP – PKK Kelurahan peserta GWM.

Program GWM merupakan upaya pengendalian inflasi melalui urban farming atau pemanfaatan lahan pekarangan di lingkungan rumah tangga untuk ditanami tanaman hortikultura. Hasil dari penanaman ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga atau lebih lanjut dapat menjadi sumber pendapatan baru serta mendorong entrepreneurship ibu rumah tangga. Di tahun 2021, terdapat 6 kelurahan peserta GWM yang terbagi menjadi 2 area yaitu urban farming dan budidaya hidroponik.

Bank Indonesia Balikpapan Gelar Penganugerahan Gerakan Wanita Matilda Tahun 2021
Foto: dok. Bank Indonesia

Rangkaian program GWM 2021 meliputi pemberian bantuan tanaman dan saprodi pertanian, pelatihan penanaman dan pembibitan, pelatihan pengelolaan keuangan keluarga dan pelatihan marketing online. Peserta juga diberikan edukasi terkait kebanksentralan seperti belanja bijak, inflasi, pengenalan QRIS dan Cinta Bangga Paham Rupiah.

Penganugerahan GWM ini merupakan rangkaian penutup dari program GWM 2021. Penganugerahan diberikan kepada GWM terbaik yang berhasil merawat dan menjaga keberlangsungan tanaman, baik melalui urban farming maupun hidroponik, sesuai hasil penilaian secara langsung oleh Dewan Juri pada tanggal 30 November 2021.

Mengawali sambutannya, Ratna Wardaningsih menyampaikan bahwa Bank Indonesia mengharapkan terdapat peningkatan awareness para wanita sebagai pengelola keuangan keluarga tentang berbelanja secara bijak, pemanfaatan lahan pekarangan (urban farming) oleh masing-masing rumah tangga sehingga dapat memenuhi kebutuhan terhadap komoditas holtikultura secara mandiri, meningkatkan finansial literasi dan mendorong inklusi keuangan masyarakat, serta mendukung pemberdayaan wanita kota Balikpapan.

Bank Indonesia Balikpapan Gelar Penganugerahan Gerakan Wanita Matilda Tahun 2021
Foto: dok. Bank Indonesia

Pada kesempatan ini, Nurlena Rahmad Mas’ud memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia Balikpapan atas upaya pengendalian inflasi yang melibatkan ibu – ibu PKK melalui program GWM. Program GWM yang telah berjalan selama 3 tahun ini telah dirasakan manfaatnya secara langsung oleh peserta.

Nurlena juga menyampaikan bahwa peran perempuan dalam rumah tangga sangat strategis terutama dalam hal pengelolaan keuangan dan pemenuhan gizi keluarga.

Acara dilanjutkan dengan penganugerahan kepada peserta program, dimana untuk urban farming terbaik adalah Kelurahan Sungai Nangka, sementara kategori GWM urban farming terinovatif adalah Kelurahan Muara Rapak dan GWM urban farming teredukatif adalah Kelurahan Margasari.

Bank Indonesia Balikpapan Gelar Penganugerahan Gerakan Wanita Matilda Tahun 2021
Foto: dok. Bank Indonesia

Pada budidaya hidroponik, GWM hidroponik terbaik adalah kelurahan Sumber Rejo, sementara kategori GWM hidorponik dengan kualitas penen terbaik adalah kelurahan Karang Rejo dan GWM hidroponik dengan hilirisasi terbaik adalah kelurahan Damai Bahagia.

Melalui program ini Bank Indonesia berharap agar ibu-ibu dapat mengaktualisasi diri dan menjadi tiang keluarga melalui pelatihan pelatihan yang diberikan serta dapat turut serta dalam upaya pengendalian inflasi di Kota Balikpapan. Bank Indonesia juga berharap agar program penanaman dan hilirisasi tetap berjalan dan tidak berhenti pada program ini saja dan dapat meluas menjadi program yang masif serta memberikan manfaat kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper