Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bangun PLTS di Pedalaman, Dinas ESDM Kaltim Prioritaskan 2 Desa Tahun 2021

Kepala Dinas ESDM Kaltim Christianus Benny menyatakan hal tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah, dalam mendukung program menuju masyarakat Kaltim terang (Bersinar).
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 13 Desember 2021  |  21:50 WIB
Ilustrasi PLTS atap. - Istimewa
Ilustrasi PLTS atap. - Istimewa

Bisnis.com, SAMARINDA –- Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kaltim memprioritaskan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat di dua desa tahun 2021.

Kepala Dinas ESDM Kaltim Christianus Benny menyatakan hal tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah dalam mendukung program menuju masyarakat Kaltim terang (Bersinar).

"Alhamdulillah, ini bagian dari perhatian pemerintah provinsi kepada masyarakat pedalaman,” ujarnya yang dikutip, Senin (13/12/2021).

Dia menambahkan, program prioritas pembangunan PLTS diantaranya yaitu Desa Enggelam, Kabupaten Kutai Kartanegara dengan sistem off grid sebesar 83,16 Kilo Watt Peak (KWP) terhadap 201 unit rumah.

Selain itu, dia menjelaskan Desa Ketibeh Muara Wis juga mendapat perhatian prioritas Pemprov Kaltim dalam pembangunan PLTS tahun anggaran 2021.

“Insyaallah tahun ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Desa Enggelam, termasuk Desa Ketibeh yang kapasitasnya 47,04 KWP untuk dimanfaatkan 91 unit rumah penduduk," jelasnya.

Adapun, dia menuturkan bahwa masyarakat pribumi mayoritas Dayak Tunjung Berambai di wilayah tersebut sudah merasakan manfaat pengadaan PLTS terpusat Off Grid di Desa Enggelam.

"Diketahui akses ke wilayah itu dua jam dari Muara Enggelam lewat jalur sungai dan Desa Ketibeh 30 menit dari Enggelam. Jadi, pembangunan ini membuktikan pemerintah hadir" pungkasnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top