Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Atasi Blankspot, Destinasi Pariwisata di Berau Bakal Dibangun BTS

Pemprov Kaltim sudah meminta kepada Menkominfo untuk mendirikan menara BTS di Derawan dan Pulau Maratua sekitarnya.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 31 Desember 2021  |  22:24 WIB
Atasi Blankspot, Destinasi Pariwisata di Berau Bakal Dibangun BTS
Salah satu spot di Pulau Maratua, Kabupaten Berau. - Bisnis Indonesia/Muhammad Mutawallie Syarawie
Bagikan

Bisnis.com, SAMARINDA – Sejumlah destinasi pariwisata di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur akan didukung tower BTS (Base Transceiver Station) guna mengatasi blank spot pada 2022.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kaltim Muhammad Faisal menyatakan pada tahun lalu pihaknya telah meminta skala prioritas untuk mendirikan menara BTS di Derawan dan Pulau Maratua sekitarnya ke Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Sebenarnya, kita sudah dapat persetujuan dua menara BTS, tetapi karena perubahan dan ada masalah, akhirnya diundur pada tahun 2022," ujarnya, Jum’at (31/12/2021).

Kemudian, dia mengungkapkan bahwa untuk mengatasi blank spot di wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T), setiap tahun Kaltim dibantu melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI).

"Tahun lalu, kita mendapatkan program untuk 23 kampung/desa, dan tahun 2022 lebih banyak lagi untuk mengcover kampung-kampung di Kabupaten Berau dan sekitarnya," ungkapnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Diskominfo Kaltim tahun 2021, terdapat 45 kampung dari 11 Kecamatan tidak tersentuh oleh sinyal komunikasi.

"Memang di Kabupaten Berau masih banyak kampung blank spot jaringan internet. Berdasarkan data kami tahun 2021, masih terdapat 45 kampung yang tersebar di 11 kecamatan," terang Faisal.

Jika dirinci, 11 kecamatan tersebut terdiri dari Kecamatan Segah, Biduk-Biduk, Tabalar, Talisayan, Pulau Derawan, Kelay, Sambaliung, Biatan, Gunung Tabur, Batu Putih dan Kecamatan Maratua.

Untuk Kecamatan Talisayan, kata Faisal, terdapat 8 kampung blank spot, yaitu Kampung Sumber Mulia, Suka Muria, Tunggal Bumi, Bumi Jaya, Purnasari, Capuak dan Kampung Campursari.

"Untuk mengatasi blank spot, Diskominfo Kabuapeten Berau sudah memasang beberapa perangkat penguat signal seperti repeater, tetapi belum sampai ke BTS," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim bts kalimantan timur pulau derawan
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top