Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Rekayasa Lalin untuk Antisipasi Kepadatan di Tol Balsam

Rekayasa lalu lintas dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan di jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) pada musim libur Lebaran 2022.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 06 Mei 2022  |  22:05 WIB
Begini Rekayasa Lalin untuk Antisipasi Kepadatan di Tol Balsam
Rest area di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) di Kalimantan Timur./Bisnis - Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan 2020
Bagikan

Bisnis.com, SAMARINDA -  Direktur Teknik PT Jasa Marga Balikpapan Samarinda (JBS) Nanang Siswanto menyampaikan bahwa rekayasa lalu lintas dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan di jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) pada musim libur Lebaran 2022.

“Untuk rekayasa ini kendaraan dari arah kota Balikpapan yang mengarah ke wisata Pantai Lamaru dan Manggar akan dimasukkan ke dalam tol dan berputar di depan GT Manggar. Selain itu, juga dilakukan pengaturan waktu traffic light,” katanya kepada Bisnis, Jumat (6/5/2022). 

Pasalnya, JBS memproyeksikan lalu lintas (lalin) Tol Balsam saat ini adalah masa liburan atau bukan arus mudik dan arus balik sehingga rekayasa lalin diperlukan atas diskresi Kepolisian.

“Prediksi disini hampir sama, karena proyeksinya lalin liburan, bukan arus mudik dan balik. Jadi pagi ramai ke arah Balikpapan dan sore ke arah Samarinda,” imbuhnya.

Berdasarkan data JBS, pemantauan volume lalu lintas transaksi harian pada H-3 Lebaran sebanyak 8.678 kendaraan, H-2 sebanyak 8.096 kendaraan, H-1 sebanyak 6.336 kendaraan dan pada hari lebaran sebanyak 8.550 kendaraan.

Kemudian, volume lalu lintas transaksi pada H+1 Lebaran meningkat hingga 15.275 kendaraan dan pada H+2 mencapai 18.332 kendaraan.

Adapun, Nanang menuturkan bahwa volume lalu lintas kendaraan di GT Samboja dan GT Manggar mengalami pertumbuhan paling tinggi, masing-masing sebanyak 12,4 persen dan 12,0 persen pada 3 Mei dan 4 Mei 2022.

Sebanyak 1.988 unit kendaraan melalui GT manggar pada Selasa (3/5/2022) menjadi 3.696 unit keesokan harinya, sedangkan GT Samboja dari 1.988 kendaraan menjadi 2.226 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol balikpapan lebaran tol balikpapan-samarinda
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top