Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sejak 2016 Sebanyak 186 Ekor Orangutan Dilepasliarkan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Balai TNBBBR Sadtata Noor Adirahmanta menyatakan pertama kali melepas liarkan orangutan dilakukan di TNBBBR pada 2016 dengan ditandai empat kelahiran alami.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 18 Mei 2022  |  22:55 WIB
Orang utan.  - BOSF
Orang utan. - BOSF

Bisnis.com, BALIKPAPAN– Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) Provinsi Kalimantan Tengah mencatat sebanyak 186 orangutan telah dilepas liarkan sejak 2016.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Balai TNBBBR Sadtata Noor Adirahmanta menyatakan pertama kali melepas liarkan orangutan dilakukan di TNBBBR pada 2016 dengan ditandai empat kelahiran alami.

“Balai TNBBBR bersama BKSDA Kalimantan Tengah dan bekerja sama dengan mitra Yayasan BOS serta para pihak lainnya, telah melepas liarkan 186 orangutan sejak tahun 2016,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (18/5/2022)

Dia menambahkan, upaya bersama ini telah membantu orangutan membentuk populasi orangutan liar yang mandiri dan lestari.

Selain itu, Sadtata mengungkapkan bahwa pemanfaatan DAS Hiran untuk melepas liarkan orangutan merupakan upaya menjaga persebaran orangutan rehabilitasi yang dilepas liarkan ke taman nasional ini sejak tahun 2019.

Dia menyebutkan hal itu merupakan capaian yang luar biasa bagi keberadaan orangutan Kalimantan yang saat ini berstatus sangat terancam punah.

Adapun, dia menuturkan bahwa pihaknya akan terus berupaya menjaga keberadaan orangutan Kalimantan, yang memiliki peran sangat penting dalam menjaga kualitas hutan dan keutuhan ekosistem bersama para pemangku kepentingan lainnya.

“Kewajiban kita bersama untuk menjaga mereka, tidak hanya untuk supaya mampu bertahan namun juga hidup sejahtera dan aman. Termasuk empat individu orangutan yang dilepas liarkan hari ini,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

konservasi kawasan konservasi orangutan konservasi hutan Orangutan Foundation International
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top