Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkot Balikpapan Bakal Bangun RSUD Baru di Atas Lahan Reklamasi

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan menyatakan pembangunan RSUD di kecamatan Balikpapan Barat tersebut secara geografis memiliki dua bagian, yaitu sisi darat dan laut.
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 06 Juli 2022  |  21:37 WIB
Pemkot Balikpapan Bakal Bangun RSUD Baru di Atas Lahan Reklamasi
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan berencana membangun rumah sakit umum daerah (RSUD) di atas lahan reklamasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan menyatakan pembangunan RSUD di kecamatan Balikpapan Barat tersebut secara geografis memiliki dua bagian, yaitu sisi darat dan laut.

“Maka perencanaannya perlu banyak konsultasi dan mengikuti regulasi dari kementerian lain terkait bukan hanya Kemenkes,” ujarnya, Selasa (6/7/2022).

Dia menambahkan, sesuai Detail Engineering Design (DED) terdapat bangunan yang menjorok ke laut yang akan digunakan untuk parkir dan sarana utilitas, seperti tempat pembuangan akhir (TPA), tempat ambulance dan kamar jenazah

“[Pembangunan] lahan darat 3.300 meter persegi, dilaut 2.200 meter persegi. Jadi ada sekitar  5.500 meter persegi,” katanya.

Wanita yang akrab disapa Dio ini, mengungkapkan bahwa setelah dilakukan peninjauan langsung oleh sejumlah pemangku kepentingan terkait, Pemkot Balikpapan masih harus menyelesaikan sejumlah dokumen guna memenuhi regulasi dalam melakukan reklamasi.

Di sisi lain, Dio menyebutkan terdapat tiga opsi dalam pembangunan RSUD tersebut. Pertama, bersurat kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk meminta arahan terkait reklamasi.

Kedua, konstruksi dilakukan model tiang pancang atau model panggung. Ketiga, hanya akan dibangun di sisi darat tapi dengan konsep bangunan lima lantai.

“Menurut pihak Otorita Bandara masih bisa, karena syarat batas yang diperbolehkan adalah bangunan setinggi 150 meter atau 5 lantai,” terang Dio.

Adapun, Dio menuturkan bahwa pembangunan RSUD ini telah disepakati penting dilakukan karena menyangkut hajat hidup orang banyak.

“Di Barat tidak ada RSUD, penduduk sangat padat. Reklamasi buat dermaga juga, jadi bisa melayani yang dirujuk lewat laut, seperti pasien yang banyak dari Pulau Balabalagan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan rumah sakit
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top