Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PHM Klaim Berhasil Lakukan Drilling Cepat dan Hemat Ratusan Ribu Dolar

General Manager PHM, Krisna menyatakan pengeboran yang dilakukan pada ukuran lubang (section) 12,25 ini menjadi pengeboran dengan interval tercepat sepanjang sejarah offshore Mahakam.
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 06 Juli 2022  |  21:18 WIB
PHM Klaim Berhasil Lakukan Drilling Cepat dan Hemat Ratusan Ribu Dolar
PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) melakukan pengeboran sumur NB-404 di Lapangan Sisi Nubi (17/06/22). - Pertamina Hulu Mahakam

Bisnis.com, BALIKPAPAN ––  PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) mengklaim pengeboran sumur NB-404 di Lapangan Sisi Nubi (17/06/22) menghemat biaya sumur sebesar US$228.597 dan percepatan pengaliran sumur untuk diproduksi.

General Manager PHM, Krisna menyatakan pengeboran yang dilakukan pada ukuran lubang (section) 12,25 ini menjadi pengeboran dengan interval tercepat sepanjang sejarah offshore Mahakam.

“Yaitu mencapai kedalaman 1.434 meter dalam waktu 24 jam,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (6/7/2022).

Dia menambahkan, pengeboran yang direncanakan sejak Mei 2022 ini dilakukan dengan teknologi Rotary Steerable System (RSS) yang ditunjang program optimalisasi Rop Maxi Drill, dengan laju pengeboran on bottom mencapai 104,97 meter/jam dan rata-rata laju pengeboran 57,48 meter/jam.

“RSS adalah teknologi pengeboran yang digunakan dalam operasi pengeboran berarah. RSS memiliki kelebihan untuk meningkatkan Drilling Efficiency, Reduce Risk Drilling, dan mengurangi Drilling Cost selama operasi pengeboran berlangsung,” katanya.

Kemudian, Krisna menyebutkan PHM terus mendorong munculnya inovasi dan aplikasi teknologi yang dapat meningkatkan keselamatan, keandalan, dan keunggulan operasi migas Perusahaan.

Adapun, dia menuturkan bahwa pihaknya menerapkan praktik pengeboran yang lebih efektif, efisien dan cepat dalam menemukan sumber daya migas baru dari kegiatan eksplorasi maupun pengembangan (eksploitasi).

“Hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk terus berinvestasi dan melakukan kegiatan pengeboran sumur-sumur baru sebagai langkah strategis dalam menahan laju penurunan produksi alamiah dan menjaga tingkat produksi migas guna mendukung pencapaian target produksi migas nasional 2030,” pungkasnya.

Sebagai informasi, PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) merupakan anak Perusahaan PHI yang menjalankan operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip ESG (Environment, Social, Governance) di Wilayah Kerja Mahakam di Kalimantan Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top