Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Realisasikan Komitmen Pemberdayaan Masyarakat, PKT Segera Buka Pujasera Pos 7 Loktuan

PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) segera fungsikan Pujasera Pos 7 Kelurahan Loktuan Bontang Utara, yang kini telah selesai dibangun.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 22 Juli 2022  |  09:20 WIB
Realisasikan Komitmen Pemberdayaan Masyarakat, PKT Segera Buka Pujasera Pos 7 Loktuan
PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) segera fungsikan Pujasera Pos 7 Kelurahan Loktuan Bontang Utara, yang kini telah selesai dibangun. - JIBI/Istimewa

Bisnis.com, BONTANG—Realisasikan komitmen pemberdayaan dan pembinaan bagi masyarakat sekitar perusahaan, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) segera fungsikan Pujasera Pos 7 Kelurahan Loktuan Bontang Utara, yang kini telah selesai dibangun. Sosialisasi menghadirkan masyarakat dan calon pedagang yang akan mengisi pujasera, di Ruang Pirus Hotel Grand Equator, Selasa (19/7/2022).

VP Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PKT Anggono Wijaya mengatakan pembangunan pujasera Pos 7 ini merupakan bentuk komitmen PKT terhadap pelaku usaha UMKM, serta wujud pemberdayaan untuk mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat khususnya di sekitar perusahaan.

Pembangunan pujasera ini juga untuk memfasilitasi sentra ekonomi kreatif di sekitar kawasan perusahaan, agar para pelaku usaha mikro kecil lebih berdaya dan terakomodasi dengan baik, sehingga roda perekonomian masyarakat dengan beragam jenis usaha mampu berkembang dengan baik.

Anggono menjelaskan saat ini pembangunan pujasera Pos 7 dinyatakan telah selesai dan siap difungsikan oleh para pedagang di sekitar PKT. Begitu pun dengan fasilitas pendukung, seperti listrik dan air maupun area lapak bagi pedagang juga telah disiapkan. Melalui sosialisasi ini, diharap para pedagang dapat mengetahui lebih jauh terkait teknis operasional dan kesinambungan dukungan PKT bersama PT Kaltim Industrial Estate (KIE), selaku anak perusahaan dalam mengakomodasi para pedagang yang akan berjualan di pujasera tersebut.

"Bagaimana skema dan penataan para pedagang juga kita rumuskan pada sosialisasi ini, sehingga saat beroperasi seluruh pedagang sudah bisa langsung berjualan dan tertata," ujar Anggono.

Sejauh ini ada 12 pedagang yang difasilitasi di pujasera Pos 7. Bentuk bantuan yang akan diterima pedagang berupa hak guna pakai bangunan dan fasilitas, serta tidak boleh dipindahtangan ke pihak lain seperti disewakan ataupun dijual. Selanjutnya PKT juga akan memberikan pendampingan serta pembinaan bagi pelaku UMKM, dengan pembentukan kelompok dagang pujasera Pos 7 serta bantuan sarana prasarana lainnya.

"Kelompok dagang sengaja dibentuk guna mendorong pengembangan usaha pedagang pujasera, sekaligus menjadi wadah untuk mencari solusi bersama jika ditemukan persoalan dalam perjalanan usaha," tambah Anggono.

Kelompok dagang kedepannya juga akan bertanggungjawab terhadap kebersihan dan keamanan lokasi, sehingga keberadaan pujasera bisa memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Tahap awal operasional, PKT akan membantu biaya listrik dan air selama enam bulan ditambah sarana prasarana penunjang seperti tempat sampah, wastafel hingga meja kursi dan area lesehan.

Khusus peningkatan kapasitas SDM para pedagang, dilakukan pembinaan terarah mulai awal pujasera beroperasi. Berbagai pelatihan dan pendampingan juga telah disiapkan PKT bagi para pelaku usaha, sehingga kedepan bisa mengelola pujasera secara optimal dan menarik minat masyarakat untuk berkunjung.

"Selain itu PKT juga akan memfasilitasi media promosi dan pemasaran untuk mendongkrak penjualan melalui marketplace digital binaan, sehingga produk usaha tak hanya dijual langsung tapi juga secara online untuk memperluas jaringan pemasaran," lanjut Anggono.

Dirinya pun berharap, keberadaan pujasera Pos 7 ini dimanfaatkan maksimal oleh para pedagang dan masyarakat sekitar perusahaan, sehingga kemandirian dan kesejahteraan mampu tercapai secara optimal, khususnya dari aspek pemberdayaan dan pengembangan UMKM di Kota Bontang.

"PKT akan terus memaksimalkan upaya dalam mendorong kemandirian masyarakat sebagai pilar penting pembangunan ekonomi, sehingga peran dan manfaat perusahaan makin berdampak luas dan signifikan," tutur Anggono.

Mewakili masyarakat sekaligus pedagang Pos 7 Kamaruddin Kupang, mengatakan pihaknya siap mendukung relokasi para pedagang ke pujasera yang disiapkan PKT untuk pengembangan usaha. Dirinya menyambut positif langkah PKT bagi pelaku UMKM di pujasera Pos 7, mengingat para pedagang akan dibina serta difasilitasi seluruh sarana prasarana pendukung untuk berjualan.

“Bagi kami pembinaan itu penting, dan hal itu dipastikan PKT agar usaha yang kami jalankan di pujasera makin berkembang. Terlebih dengan sarana serta fasilitas pendukung yang disiapkan, itu sangat membantu untuk berjualan,” kata Kamaruddin.

Dirinya optimis keberadaan pujasera Pos 7 sebagai sentra pelaku usaha kecil di kawasan sekitar PKT akan memberi dampak signifikan, sebab tidak tertutup kemungkinan sektor usaha yang kini digeluti para pedagang semakin berkembang, seiring minat masyarakat untuk datang berkunjung. Berbagai peluang usaha baru pun diyakini Kamaruddin akan tumbuh, mengingat pembinaan yang nantinya diberikan PKT bisa memacu inovasi baru dalam mendorong kemajuan usaha.

“Kami harap ada sosialisasi lanjutan, agar keberadaan pujasera makin diketahui oleh masyarakat Bontang. Termasuk hal penunjang seperti perluasan parkir bisa dimaksimalkan jelang pembukaan, agar keamanan dan kenyamanan nantinya bisa kita jaga bersama,” pungkas Kamaruddin.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top