Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkot Balikpapan Bakal Jadikan 246 Pelaku Usaha Jadi Penggerak Ekonomi Kreatif Kaltim

Disporapar) Kota Balikpapan mencatat sebanyak 246 pelaku ekonomi kreatif siap bersaing dalam mendorong ekonomi daerah.
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 24 Juli 2022  |  19:42 WIB
Pemkot Balikpapan Bakal Jadikan 246 Pelaku Usaha Jadi Penggerak Ekonomi Kreatif Kaltim
Balikpapan Explore, sebagai salah satu game yang dibuat developer asal Balikpapan sebagai salah satu sub sektor ekonomi kreatif. - Bisnis/Muhammad Mutawallie Sya'rawie

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan mencatat sebanyak 246 pelaku ekonomi kreatif siap bersaing dalam mendorong ekonomi daerah.

Kepala Disporapar Kota Balikpapan Ratih Kusuma menyatakan dalam menggerakkan momentum tersebut Pemerintah Kota Balikpapan perlu memperkuat sinergi dengan berbagai pihak, salah satunya dengan menggelar workshop kata kreatif dengan berbagai pelaku kreatif di Balikpapan.

“Balikpapan terpilih sebagai salah satu kota penyelenggara workshop kata kreatif. Di dalam ini ada semacam sharing knowledge terkait peningkatan mutu produk yang dihasilkan,” ujarnya, Minggu (24/7/2022).

Dia melanjutkan,  tujuannya yang ingin dicapai antara lain penguatan branding  produk, pemasaran dan pengemasan agar mendapat nilai jual yang lebih tinggi ,

Sementara itu, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Hariyanto menjelaskan Kota Balikpapan merupakan salah satu kota yang pertama masuk dalam ekosistem kabupaten/kota kreatif Indonesia.

“Sejak program pengembangan kabupaten kota/kreatif Indonesia [dilangsungkan] pada 2016, Kota Balikpapan sudah melakukan uji petik penilaian mandiri sebagai langkah awal dari upaya pengembangan kabupaten kota/kreatif Indonesia dan pada saat itu sudah menyepakati bahwa Balikpapan sebagai sub sektor game dan aplikasi,” jelasnya.

Menurutnya, workshop kata kreatif ini merupakan bagian dari strategi pemerintah pusat untuk terus melakukan pendampingan dan sosialisasi kepada pelaku ekonomi kreatif di Balikpapan sebagai salah satu kota kreatif Indonesia.

Sebagai langkah konkret, kata Hariyanto, Kemenparekraf telah memberikan bantuan berupa sarana komputer dan fotografi sekitar Rp 200 juta pada 2020 dan  program bantuan pemerintah berupa sarana komputer dan musik senilai Rp 700 juta pada 2021 untuk pelaku ekraf Balikpapan.

“Dengan segala keterbatasan yang ada, Kemenparekraf sebagai kementerian teknis yang mengemban regulasi dan amanah UU pengembangan ekraf, terus mendorong Balikpapan untuk tumbuh berkembang dan memastikan ekraf sebagai sektor yang menjadi tulang punggung salah satu sektor untuk mengembangkan ekonomi daerah,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan ekonomi kreatif
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top