Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Ingin Balikpapan Jadi Kota Kreatif Kelas Dunia

Balikpapan sebagai etalase IKN diyakini puna potensi ekonomi kreatif yang akan memberikan nilai tambah bagi daerah lain di Kaltim.
Penyelenggaran Workshop Kata Kreatif di Kota Balikpapan, Minggu (24/7/2022)./Istimewa
Penyelenggaran Workshop Kata Kreatif di Kota Balikpapan, Minggu (24/7/2022)./Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Pemerintah menyatakan harapan besarnya terhadap Kota Balikpapan. Seiring rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur (Kaltim), Kemenparkeraf berharap Balikpapan bisa masuk jajaran kota kreatif dunia.

Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Hariyanto menyatakan Kota Balikpapan sebagai etalase Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim, tentu memiliki potensi ekonomi kreatif (ekraf) yang akan memberikan nilai tambah bagi daerah lain di Kaltim.

“Ini membuka peluang ke depan mendorong Balikpapan menjadi bagian penting dari jejaring kota kreatif dunia,” ujarnya, Minggu (24/7/2022).

Dia melanjutkan, peluang untuk berjaring secara internasional lahir dari program kabupaten/kota kreatif Indonesia.

"Jadi singkatnya, bagi kabupaten atau kota apalagi Balikpapan apabila ingin meningkatkan eksistensi internasional bisa bergabung ke wadah UNESCO CCN [City Creative Network],” katanya.

Dia menjelaskan, Kota Balikpapan merupakan salah satu kota yang pertama masuk dalam ekosistem kabupaten/kota kreatif Indonesia.

“Sejak program pengembangan kabupaten kota/kreatif Indonesia [dilangsungkan] pada 2016, Kota Balikpapan sudah melakukan uji petik penilaian mandiri sebagai langkah awal dari upaya pengembangan kabupaten kota/kreatif Indonesia dan pada saat itu sudah menyepakati bahwa Balikpapan sebagai sub sektor game dan aplikasi.”

Selain itu, dia menyebutkan tahun ini Kemenparekraf tengah melakukan asistensi untuk Kota Bitung yang berniat mengajukan diri untuk bergabung UNESCO CCN di bidang kuliner atau gastronomi, dan juga Kabupaten Ponorogo di bidang seni pertunjukan.

“Periode setiap 3 tahun sekali diadakan, tahun lalu Jakarta [terpilih] sebagai kota literature. [Mekanismenya] hanya 2 kota dan 2 bidang yang boleh diusulkan ke UNESCO,” sebutnya.

Adapun, Hariyanto menuturkan bahwa jika tahun depan Balikpapan siap mengajukan diri, pihaknya akan memfasilitasi dengan modal penyelenggaraan Workshop Kata Kreatif yang dilakukan hari ini.

“Workshop Kata Kreatif merupakan rangkaian penting dalam aktivasi kota kreatif dan membuktikan keseriusan kami karena program di tahun ini sebagai 3 program unggulan Kemenparekraf. Kami akan dukung sepenuhnya,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper