Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dukung Perlindungan Perempuan dan Anak, PKT Edukasi Pentingnya Kesadaran Hukum bagi Keluarga

PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menggelar seminar sehari bertajuk Peran Keluarga Sadar Hukum yang diikuti Kader PKK perwakilan dari 15 Kelurahan se-Kota Bontang
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 31 Juli 2022  |  18:45 WIB
Dukung Perlindungan Perempuan dan Anak, PKT Edukasi Pentingnya Kesadaran Hukum bagi Keluarga
PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menggelar seminar sehari bertajuk Peran Keluarga Sadar Hukum yang diikuti Kader PKK perwakilan dari 15 Kelurahan se-Kota Bontang dan anggota PIKA PKT, Jumat (29/7/2022). - JIBI/Istimewa

Bisnis.com, BONTANG—Tingkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat untuk mencegah kekerasan perempuan dan anak, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menggelar seminar sehari bertajuk Peran Keluarga Sadar Hukum yang diikuti Kader PKK perwakilan dari 15 Kelurahan se-Kota Bontang dan anggota PIKA PKT.

Hadir sebagai pemateri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bontang, Kepolisian Resort Bontang, Kejaksaan Negeri Bontang dan Pengadilan Negeri Kota Bontang. Kegiatan berlangsung di Gedung Kopkar PKT, Jumat (29/7/2022).

SVP SDM PKT Endang Murtiningsih mengatakan kegiatan ini sebagai kesinambungan upaya perusahaan untuk memberi edukasi bagi masyarakat, khususnya terkait perlindungan hukum terhadap tindak kekerasan kepada perempuan dan anak, yang bisa saja terjadi di keluarga maupun lingkungan sekitar tempat tinggal.

Hal ini melihat banyaknya fakta tindak kekerasan yang terjadi di masyarakat, namun korban seringkali menutupi dan merahasiakan hal tersebut karena berbagai faktor, seperti ancaman dan sebagainya.

“Untuk itu sangat penting dilakukan upaya pencegahan dengan memberikan pemahaman terkait aspek hukum untuk memberi perlindungan bagi korban, disamping upaya mencegah terjadinya kekerasan perempuan dan anak,” ujar Endang.

Menurut Endang, persoalan KDRT dan perlindungan terhadap anak merupakan salah satu sasaran manfaat PKT dalam mendorong tercapainya indikator Sustainable Development Goals (SDGs), dimana seluruh negara termasuk Indonesia menaruh perhatian khusus terkait hal ini. Selain itu penanganan kasus kekerasan kepada perempuan dan anak menjadi prioritas utama pembangunan pemberdayaan perempuan melalui program Three Ends, yang terus digaungkan Pemerintah.

“Diharap keterlibatan masyarakat dalam pencegahan maupun pemulihan korban tindak kekerasan perempuan dan anak bisa tercapai dengan baik, seiring meningkatnya pengetahuan akan perlindungan hukum yang diberikan,” tambah Endang.

Selain memberikan edukasi, PKT juga telah menyiapkan program pemulihan serta pemberdayaan bagi perempuan korban kekerasan di Kota Bontang. Hal ini dalam upaya memberi manfaat lebih luas di masyarakat, melalui penyiapan pelayanan sesuai kebutuhan korban sekaligus tata cara pemulihan dalam jangka waktu tertentu.

“Pengembangan program pemberdayaan ini juga bentuk kolaborasi PKT bersama Pemkot Bontang, dengan menggandeng stekholder terkait lainnya untuk memberikan perlindungan dan pemulihan bagi korban kekerasan,” tandas Endang.

Mewakili Pemkot Bontang Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum Sigit Alfian, mengapresiasi upaya PKT memberikan edukasi bagi masyarakat khususnya anggota PKK dari seluruh Kelurahan di Kota Bontang, agar lebih memahami pentingnya pengetahuan hukum dalam mencegah tindak kekerasan perempuan dan anak. Hal ini mengingat keduanya kerap menjadi subjek kekerasan, sehingga peran stakeholder terkait dalam upaya pencegahan dan penanganan dapat menekan hal tersebut.

"Maka dengan adanya keluarga sadar hukum, dapat menjadi wadah yang berfungsi menghimpun peran serta masyarakat melalui peningkatan pengetahuan akan pentingnya memahami hukum untuk mencegah tindak kekerasan yang bisa terjadi," ujar Sigit.

Dirinya pun berharap, dengan seminar ini para peserta bisa memahami berbagai aspek hukum untuk memberikan perlindungan bagi diri dan keluarga, utamanya mencegah tindak kekerasan dalam rumah tangga maupun anak. Disamping juga memperkuat kapasitas sumberdaya manusia Kota Bontang, terkait pentingnya kesadaran hukum untuk diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Semoga ke depan masyarakat Bontang makin memahami pentingnya kesadaran hukum guna mendorong terbentuknya karakter yang lebih kuat dan mandiri, sehingga mampu berkontribusi bagi daerah maupun bangsa dan negara," harap Sigit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top